Mahasiswa (Lifehack.org)

Bagi JB’ers yang mahasiswa, dunia mahasiwa itu memang menyibukkan. Banyak kegiatan kampus, praktikum atau tugas membuat paper yang seakan nggak ada habis-habisnya. Belum lagi kalau dosen mendadak kasih kuis dadakan. Wah pasti susah banget untuk bagi waktu ya?

Namun di sela-sela kesibukan kalian belajar, berorganisasi atau berkegiatan kampus. Pastikan kamu, sejak semester pertama kudu melakukan hal-hal wajib seperti yang JB sarankan berikut, agar siap menghadapi masa depan.

 

1.Sering minta ke dosen untuk presentasi

Hal ini penting untuk melatih kepercayaan diri, melatih berbicara menyampaikan ide dengan baik. Dan yang paling penting berlatih menjawab pertanyaan yang sulit di depan umum.

Presentasi Kelas (jhu.edu)

Di dunia kerja nanti, sebagian besar waktu kalian akan dihabiskan dengan mengutarakan ide melalui forum presentasi. Pada saat presentasi nanti, banyak ide kalian akan di-challenge di depan peserta meeting. Kalian harus siap terbiasa belajar cara meyakinkan ide kalian ke khalayak forum, agar ide kalian disetujui oleh bos kalian nanti.

Dari sering belajar presentasi, nanti kalian pun akan terbiasa menyajikan slide Power Point dengan baik dan terstruktur. Kecepatan kalian dalam membuat presentasi pun semakin terasah. Tidak jarang lho Bos di dunia kerja nanti minta mendadak kalian presentasi misal dalam waktu 30 menit lagi.

 

2. Banyak diskusi buat wujudkan ide

Banyak para orang sukses menjadi pengusaha karena sejak semester pertama kuliah sudah punya mimpi untuk membuat sesuatu. Jika kalian punya mimpi, misal membuat start up, akan lebih baik segera dimulai saat usia muda. Segera temukan temanmu yang satu visi denganmu, buat rancangan mimpimu, tuangkan ide kamu, buat business plan-nya dan detailkan ke rencana-rencana teknisnya.

Sharing ide (Lykno Tourism)

Yang paling penting, sering-seringlah berdiskusi dengan teman yang memiliki visi yang sama denganmu itu, dari seringnya kalian berdiskusi, melakukan trial & error, akan semakin tajam pula ide kamu nanti.

 

3. Ikut seminar gratis

Di dunianya para akademisi, pasti banyak kegiatan-kegiatan diskusi. Mulai dari mentoring, seminar, hingga workshop. Sempatkanlah waktumu ikuti seminar gratis, kalian kudu rajin browsing seminar-seminar yang relevan buat mahasiswa.

Seminar (ronneb.com)

Dengan mengikuti seminar gratis ini, kalian akan mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru yang tidak didapat di kampus. Kalian juga bisa mendapat banyak kenalan baru sebagai networking kalian nanti. Yang paling penting kalian mendapat sertifikat untuk kalian sisi di CV kalian nanti untuk melamar pekerjaan. Sebaiknya juga ikutilah berbagai jenis macam seminar, yang tidak terpaku pada ilmu jurusan kuliah kamu.

 

4. Cari tahu bakat dan passion-mu

Selain belajar di kampus agar IPK bagus, kalian harus mencari tahu bakat dan passion kamu apa. Jika kalian menekuni bakat dan passion kamu dengan baik, ke depannya bakat kamu bisa jad sumber pendapatan kamu. Tidak jarang pula nanti banyak perusahaan yang merekrut lulusan mahasiwa bukan berdasarkan Jurusan kuliahnya, namun berdasarkan keahlian atau skill.

(Pentas drama/Thestage.co.uk)

Start dimulai dari hobimu apa, lalu pertajam bakatmu dan terus berlatih. Jika kalian hobi fotografi, asah bakat fotomu. Jika kalian berbakat jualan, asah bakat jualanmu dengan mulai jualan ke lingkungan kamu. Jika bakatmu menulis, latihan menulis dan cobalah menulis artikel bebas di web site yang mengakomodir hobi menulis kamu.

 

5. Magang di perusahaan

Ini penting banget lho! Selain untuk mempercantik CV, dari magang, kalian akan mendapat pengalaman kerja yang nyata, kalian akan merasakan betapa berbedanya lingkungan belajar kampus dan lingkungan kerja yang lebih praktikal dengan tempo cepat.

Magang di kantor (browardstudentservices.com)

Cari perusahaan yang menerima kalian magang di masa liburan semester, atau dengan metode part time/remote. Zaman sekarang peluang terbuka lebar bagi mahasiswa untuk magang. Jangan terpaku juga magang sesuai jurusan kalian, ada baiknya kalian juga coba magang menjadi Sales. Karena apapun pekerjaan kalian nanti (sebagai pegawai atau entrepreneur), core dari bekerja adalah Sales, yaitu menjual produk/ide ke klien/bos/customer.

Nah sudah jelaskan, kalau masa mahasiswa adalah masa dimana kalian harus pintar membagi waktu untuk melakukan banyak kegiatan. Dengan tips JB ini, semoga bisa membantu kamu ya untuk memilih kegiatan yang positif dan tepat, untuk masa depan yang lebih cerah 🙂

(rei)