Wisata Hutan Mangrove (lukihermanto.com(

Suka dengan wisata alam? Kamu bisa mengagendakan liburan kali ini ke hutan mangrove yang memiliki pemandangan instagramable. Hutan mangrove merupakan hutan bakau yang tumbuh di air payau. Hutan mangrove awalnya merupakan hutan budidaya yang memiliki fungsi untuk mencegah abrasi di laut, tapi karena pemandangannya yang apik, maka lambat laun hutan mangrove dimultifungsikan sebagai kawasan wisata. Ada banyak sekali spot-spot instagramable yang bisa kamu temukan di hutan mangrove seperti jalan setapak yang terbuat dari bambu atau kayu, lalu ada jembatan hingga gardu pandang yang sengaja dibuat untuk memandang pemandangan hutan mangrove secara keseluruhan dari atas. Buat JBers yang ingin berwisata ke hutan mangrove, JadiBerita punya lima rekomendasi lima hutan mangrove di Indonesia yang instagramable buat kamu datangi, yaitu:

1. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk (googleusercontent.com)

Hutan Mangrove yang paling terkenal di Indonesia adalah hutan mangrove yang ada di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK). Kawasan hutan mangrove di PIK sering sekali dijadikan tempat foto prewedding. Di hutan mangrove PIK ini kamu bisa menemukan aneka spot instagramable untuk berfoto, mulai dari boat yang bisa kamu naiki, masjid di atas air, hingga penginapan berbentuk segitiga yang terbuat dari kayu. Hutan mangrove PIK buka mulai pukul 07.00-19.00. Untuk masuk ke sini, kamu harus membayar tiket masuk hanya Rp 25.000 saja.

2. Hutan Mangrove Margomulyo

Hutan Mangrove Margomulyo (@info_balikpapan)

Hutan mangrove Margomulyo terletak di kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Tepatnya berada di belakang SMAN 8 Balikpapan. Jaraknya yang hanya sekitar 9km dari pusat kota membuat hutan mangrove Margomulyo banyak didatangi para wisatawan. Hutan mangrove di sini tak hanya dijadikan sebagai hutan wisata, tapi juga merupakan hutan lindung tempat beberapa satwa tinggal seperti bekantan, kepiting, burung, serta berbagai jenis ikan. Kamu bisa menikmati hijaunya pemandangan di jembatan kayu atau duduk-duduk di gazebo secara gratis karena pihak pengelola setempat tidak memungut biaya masuk. Tapi tentunya kamu tak boleh merusak lingkungan setempat atau membuang sampah sembarangan ya! Hutan mangrove Margomulyo dibuka mulai pukul 08.00 hingga 17.30.

3. Hutan Mangorve Kebumen

Hutan Mangrove Kebumen (www.garispantai.com)

Hutan mangrove Kebumen yang terletak di lokasi area Pantai Ayah, Karangbolong, Kebumen. Untuk dapat mencapai lokasi ini, kamu harus naik perahu terlebih dahulu dengan membayar seharga Rp 20.000 per orang yang sudah termasuk tiket masuk hutan mangrovenya. Hutan mangrove ini dikeliling jembatan kayu yang sangat panjang sehingga kamu bagi kamu yang ingin berfoto-foto, kamu bisa bebas memiliki spot kesukaanmu. Ada dua gardu pandang yang bisa kamu gunakan untuk melihat hutan mangrove Kebumen secara keseluruhan.

4. Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo (@herbanu_photography)

Hutan mangrove Kulon Progo merupakan hutan mangrove yang terletak di Dusun Pasir Mendit, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Lokasinya yang tak tak jauh dari Pantai Congot, yakni hanya sekitar 15 menit berjalan kaki. Hutan mangrove ini memang cukup bebeda dengan hutan mangrove kebanyakan karena ada banyak spot-spot instagramable yang sengaja diciptakan khusus untuk kamu yang ingin berfoto-foto seperti spot background kayu berbentuk hati, kulit kerang, dan lain sebagainya. Ditambah lagi ada quotes-quotes kocak yang sengaja dibuat untuk menambah keseruan berfoto kamu. Untuk dapat menikmati suasana di hutan mangrove Kulon Progo ini, kamu hanya mengeluarkan kocek Rp 5.000 saja, tapi tidak termasuk  parkir kendaraan ya!

5. Hutan Mangrove Nusa Lembongan

Hutan Mangrove Nusa Lembongan (@aryaryanii)

Terakhir ada hutan mangrove Nusa Lembongan yang terletak di Kabupaten Klungkung, Bali. Hutan mangrove di sini memang sudah dikelola dengan sangat baik oleh pihak setempat sehingga tak heran kalau banyak turis lokal hingga mancanegara yang berkunjung ke sini. Kamu bisa melakukan tour keliling hutan mangrove selama 30 menit menggunakan naik perahu tradisional yang ditemani oleh pemandu. Setelah puas berkeliling menggunakan perahu, kamu bisa mencoba trekking menyusuri kawasan dalam hutan mangrove. Paket tour lengkap ini bisa kamu nikmati dengan merogoh kocek sebesar Rp 100.000 saja.

Keren-keren bukan hutan mangrove yang ada di atas? Kamu ingin berfoto di hutan mangrove yang mana JBers? (jow)