Atimas Nurahmad (Cewekbanget)

Setelah lulus kuliah, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencari pekerjaan untuk masa depan. Tentu saja, untuk bisa mendapatkan pekerjaan, JBers harus membuat lamaran dulu ke tempat kerja yang akan dituju. Nah, masa menunggu panggilan kerja inilah yang dirasa bagi sebagian orang membosankan dan bisa bikin stres. Daripada kamu bosan dan stres, lebih baik kamu melakukan tips-tips berikut ini, agar masa menunggu panggilan kerja kamu menjadi lebih produktif.

1. Belajar bahasa asing

Ilustrasi belajar bahasa asing (Okezone)

Jika selama ini kamu cuma tahu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, kamu bisa mencoba untuk mempelajari bahasa asing lain selain bahasa Inggris, seperti Jepang, Prancis, Italia, atau Jerman. Siapa tahu saja di perusahaan tempat kamu melamar nanti ternyata juga membutuhkan orang yang tahu bahasa-bahasa tersebut. Tentunya ini bisa jadi nilai plus buat kamu.

2. Menekuni hobi

Main gitar (Belajarbermaingitar)

Semua orang pasti memiliki hobi, dan hobi tiap orang bisa berbeda-beda. Selama masa menunggu panggilan kerja, kamu bisa menekuni kembali hobi kamu yang mungkin sudah lama tertunda. Misalnya jika kamu hobi musik, maka kamu bisa iseng-iseng membuat lagu sendiri. Atau jika kamu hobi memasak, bisa mencoba untuk meracik resep masakan baru yang lebih inovatif. Siapa tahu nantinya hobi kamu itu bisa jadi lahan bisnis.

3. Kerja Part Time

Coffee shop (Sekolahsg)

Daripada nggak ngapa-ngapain, mendingan kamu mencari kerja part time. Ada beberapa toko atau counter yang mencari tambahan karyawan secara part time, misalnya toko smartphone, kafe, atau toko-toko baju yang biasa ada di pusat perbelanjaan. Itung-itung buat nambah pengalaman, dan tentu saja buat tambahan penghasilan selama nunggu panggilan kerja.

4. Menulis di blog

Ilustrasi nulis di blog (Pexels)

Mungkin ini masih ada kaitannya dengan menekuni hobi. Jika kamu adalah seorang blogger, maka selama masa tenggang kamu belum mendapatkan kerja, kamu bisa menulis di blog milikmu. Menulis di blog juga bisa jadi lahan penghasilan lho. Jika tulisan kamu bagus, maka bukan tak mungkin blog kamu akan mendapatkan sponsor, dan kamu bisa dapat uang dari situ.

5. Jalan-jalan

Jalan-jalan (Qubicle)

Jalan-jalan selama masa menunggu panggilan kerja ini bukan jalan-jalan seperti kamu sedang traveling, tapi cukup ke daerah-daerah yang dekat saja. Sambil menyegarkan pikiran, siapa tahu saja di daerah dekat rumah kamu ada hal-hal yang unik, seperti misalnya pohon pisang berbuah durian, dan kamu adalah penemunya. Dengan begini nama kamu akan jadi terkenal.

Itulah tadi tips-tips produktif bagi JBers yang sedang nunggu panggilan kerja, yang bisa kamu lakukan, agar bisa waktumu bisa terisi dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan berguna. (tom)