Pilot (Beritasatu)

Pekerjaan dengan gaji besar tentu didambakan oleh banyak orang. Pekerjaan pertama yang diincar adalah menjadi seorang PNS. Namun, untuk menjadi seorang PNS tidaklah mudah. Banyak yang gagal sata menjalani tes penerimaan PNS. Namun tenang saja, karena gagal menjadi PNS bukan akhir dari segalanya. Nah, jika JBers pernah melamar untuk menjadi PNS namun belum berhasil, berikut ada 5 pekerjaan alternatif yang bisa kamu pilih agar masa depanmu terjamin.

1. Kerja di bidang IT

Ilustrasi IT (Pexels)

Saat ini, dimana teknologi sedang berkembang dengan pesat, orang yang ahli di bidang IT sedang banyak dicari. Selain menjanjikan pendapatan yang nggak kecil, bekerja di bidang IT juga menjanjikan sebuah posisi yang cukup bagus di masyarakat. Kamu bisa saja bekerja di perusahaan aplikasi besar, seperti misalnya aplikasi ojek online. Dengan demikian, gengsimu tak akan kalah dengan orang yang bekerja jadi PNS.

2. Digital Marketing Specialist

Ilustrasi digital marketing specialist (Penulis)

Digital Marketing Specialist, atau disebut juga Digital Marketing Manager, adalah orang yang bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berhubungan dengan marketing dan branding yang dilakukan secara online, yang biasanya dilakukan lewat media sosial. Pekerjaan ini memang kurang diminati jika dilihat dari sudut pandang gengsi, namun pekerjaan ini rupanya bisa menjamin masa depan. Pasalnya, jika kamu sudah pensiun dari pekerjaan ini, kamu masih bisa bekerja dalam bidang ini secara freelance.

3. Desain grafis

Gilang Bogy (Suarabekasi)

Dulu pekerjaan ini memang dianggap tidak memiliki prospek. Namun, dalam beberapa tahun belakangan, desainer grafis adalah satu orang yang paling dicari. Selain perkembangan teknologi, selera orang yang semakin meningkat nampaknya membuat banyak orang merasa membutuhkan ahli di bidang ini. Terbukti dengan banyaknya desainer grafis Indonesia yang menjadi bagian dalam pembuatan film-film Hollywood, serta sosok bernama Gilang Bogy yang mendesain gambar di kaleng Coca Cola.

4. Arsitek

Ilustrasi arsitek (Pxhere)

Arsitek merupakan salah satu pekerjaan yang harus memiliki keahlian menggambar karena berhubungan dengan dekorasi bangunan yang akan dibuat. Namun jika kamu memang senang dan ahli menggambar, tentunya hal ini tak akan menjadi masalah. Hobi yan dibayar adalah sesuatu yang menyenangkan dan diidamkan banyak orang, apalagi jika gajinya tak main-main.

5. Pilot

Ilustrasi pilot (YouTube)

Menjadi seorang pilot memang bisa menjamin masa depan karena gajinya yang besar. Namun, di balik gaji yang besar itu, tentu ada resiko besar yang harus kamu tanggung. Menjadi seorang pilot memikul tanggung jawab besar karena dia menanggung puluhan bahkan ratusan nyawa agar bisa sampai di tempat tujuan dengan selamat.

Di antara semua profesi selain PNS di atas, mana yang akan JBers jadikan sebagai profesi? Profesi apa pun, jika dilakukan dengan hati yang tulus, tak akan terasa berat dan menyenangkan. Tentunya pekerjaan yang dilakukan harus halal dan tak merugikan orang lain. (tom)