TNI (Okezone)

JBers tentu sudah tak asing lagi dengan pasukan Indonesia bernama TNI, yang bertugas untuk menjaga keamanan negeri kita. Meski ada yang mengatakan TNI lebih lemah dari pasukan keamanan negara lain, namun sudah banyak prestasi TNI yang membuatnya ditakuti dunia. Berikut adalah 5 fakta menarik seputar TNI, yang bisa bikin kamu bangga jadi orang Indonesia.

1. Juara tembak di berbagai negara

TNI (Harianindo)

TNI AD berhasil memborong 30 dari 50 medali emas dalam perlombaan Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) pada tahun 2015. Tak ketinggalan 16 perak dan 10 perunggu. Kemenangan ini merupakan yang ke-8 kalinya bagi Indonesia sejak 2008 lalu. TNI juga sukses menyabet status juara umum di Lomba Tembak Brunei International Skill Arms Meet (BISAM) ke-11 pada tahun 2015. Secara keseluruhan, TNI menyabet total 34 medali dalam ajang tersebut. TNI juga menunjukkan taringnya di kompetisi tahunan di ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) ke-24 yang digelar di Vietnam pada 2014 lalu. Dalam ajang itu, TNI AD berhasil menjadi juara umum.

2. Penyelam TNI AL bikin Amerika salut

Kopaska (Steemit)

TNI menerjunkan sejumlah pasukan elitenya dalam misi pencarian AirAsia QZ8501 yang jatuh di tengah laut di Selat Karimata. Mereka di antaranya terdiri dari personel Marinir, Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Denjaka. Marinir, Kopaska dan Denjaka adalah pasukan elit dari TNI AL. Kemampuan mereka melakukan misi penyelaman di laut sudah tak diragukan lagi. Sampai-sampai militer dari negara sahabat dibuat takjub oleh mereka. Lieutenant Commander US Navy, Greg Adams, bahkan menganggap pasukan penyelam elit TNI AL telah melakukan hal yang ‘gila’. Kegilaan yang dia maksud karena dalam cuaca buruk dan ombak yang besar, mereka tetap diminta untuk turun ke bawah laut.

3. Teknik gerilya Indonesia dipakai tentara Vietnam

TNI (Youthproactive)

Saat Perang Vietnam, Amerika Serikat bisa dibilang kalah. Rupanya, penyebab kekalahan Amerika itu adalah karena pasukan Vietnam mempelajari teknik gerilya milik Indonesia. Bangga dong, teknik kita dipakai oleh pasukan luar negeri.

4. Kopassus masuk 5 besar pasukan khusus dunia

Kopassus (Tribunnews)

Nama Kopassus (Komando Pasukan Khusus) kini telah menggema di dunia. Dari daftar pasukan khusus terbaik dunia, Kopassus menempati 5 besar. Jelas saja dunia makin takut untuk mengganggu Indonesia.

5. Kopral Subagyo menjadi Prajurit terkuat di dunia

Kopral Subagyo (Tribunnews)

Selain nama Kopassus, nama Kopral Subagyo juga berhasil mendunia. Dia dikenal sebagai prajurit terkuat di dunia. Bayangin aja, Kopral Subagyo pernah push up selama 2 jam lebih, mandi pakai air aki, dan pernah koprol sejauh 5 km. Jangan main-main deh dengan anggota TNI yang satu ini.

Setelah mengetahui fakta-fakta TNI di atas, kita bisa mengetahui bahwa negara kita akan aman dari ancaman negara lain, dan prestasi TNI bisa membuat kita merasa bangga menjadi orang Indonesia. (tom)