Ilustrasi gunung berapi (Wikipedia)

Belakangan ini, aktivitas Gunung Agung di Bali terus meninggi, Tak heran jika statusnya kini menjadi level awas. Meski sudah berstatus awas, Gunung Agung ini belum tentu meletus. Tak ada yang tahu kapan gunung ini meletus. Nah, berikut ini ada tips untuk JBers mengenai apa yang harus kamu lakukan jika berada di dekat lokasi bencana dan terkena dampak gunung meletus, agar kamu bisa aman dan selamat.

1. Pantau informasi

Informasi (Pixabay)

Biasanya saat terjadi erupsi, akan terdengar bunyi sirine tanda peringatan. Setelah itu kamu bisa cari informasi lewat media baik televisi atau radio. Jika kamu memantau informasi lewat radio, maka radio dengan baterai lebih disarankan karena biasanya saat erupsi listrik sedang padam. Memantau informasi lewat media berguna untuk menentukan langkah selanjutnya.

2. Jangan abaikan instruksi darurat

Simulasi evakuasi (Purbalinggakab)

Perhatikan instruksi darurat saat terjadi letusan. Instruksi ini akan mengarahkan kamu harus dievakuasi ke tempat lain atau dapat tetap berada di tempat karena efek yang tak begitu besar. Korban letusan biasanya banyak berjatuhan akibat mengabaikan instruksi darurat tersebut.

3. Berpindah ke tempat atau rumah yang aman

Ilustrasi rumah (Pinterest)

Jika kamu berada di luar, kamu bisa masuk ke dalam rumah atau tempat yang aman, kecuali ada instruksi untuk evakuasi. Saat berada di rumah yang kamu anggap aman, tutup semua jendela dan pintu agar abu vulkanik tidak masuk. Jika masih memiliki waktu, amankan juga kendaraan dan hewan ternak jika ada.

4. Pergi ke tempat yang lebih tinggi

Ilustrasi tempat tinggi (Kompas)

Saat terjadi letusan, kamu harus pergi ke tempat yang lebih tinggi karena letusan besar pada umumnya diikuti aliran lava, lumpur, dan banjir. Walau sudah berada di tempat tinggi, tetap waspada dan lindungi diri kamu dari piroklastika atau muntahan bebatuan hingga gas dari erupsi. Jika terjebak pada piroklastika, kamu harus berjongkok dan jangan menghadap gunung. Lindungi kepala dengan tangan, jaket, tas atau apapun yang kamu temukan.

5. Lindungi pernapasan

Memakai masker (Mpm-motor)

Erupsi biasanya disertai abu vulkanik dan gas beracun, oleh karena itu kamu perlu mengenakan masker atau penutup hidung agar abu vulkanik dan gas beracun itu tak mengganggu pernapasan. Selain itu, kamu juga perlu mengenakan kacamata pelindung serta baju dan celana panjang.

Semoga tips ini bisa membantu JBers yang daerahnya dekat dengan gunung berapi. Tetaplah waspada. (tom)