Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah. Hal ini terbukti dengan tersebarnya hutan, danau, laut, hingga gunung yang ada di Indonesia. Nah, kali ini JB akan memberikan informasi tentang gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Di Indonesia sendiri ada kurang lebih ratusan gunung, namun yang akan dibahas di sini adalah gunung yang masuk 10 besar tertinggi di Indonesia. Apa saja? Berikut informasinya yang bisa JBers simak.

1. Gunung Latimojong (3.478 mdpl)

Gunung Latimojong (Surbaktineva)

Gunung Latimojong menempati posisi ke-10 sebagai gunung tertinggi di Indonesia. Terletak tepat di tengah-tengah Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Enrekang. Gunung ini merupakan gunung paling tinggi di Sulawesi Selatan dengan ketinggian 3.478 meter di atas permukaan laut (mdpl).

2. Gunung Sanggar (3.492 mpdl)

Gunung Sanggar (Pendakigunung)

Meskipun masuk ke dalam jajaran gunung tertinggi dengan ketinggian 3.492 mpdl, namun nama gunung Sanggar kurang populer, tenggelam oleh kepopuleran gunung Rinjani yang terletak di kawasan yang sama. Padahal, gunung Sanggar juga akan menyuguhkan petualangan pendakian serta pemandangan indah yang tidak kalah dengan gunung Rinjani.

3. Gunung Semeru (3.676 mdpl)

Gunung Semeru (Gunung-indonesia)

Gunung Semeru terletak di Provinsi Jawa Timur. Gunung ini berdiri tegak dengan ketinggian puncak 3.676 mdpl. Secara administratif, gunung Semeru mencakup 2 kabupaten di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Gunung ini termasuk gunung berapi aktif, dan letusan terakhirnya terjadi pada tahun 2008 lalu.

4. Gunung Rinjani (3.726 mdpl)

Gunung Rinjani (Falony)

Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dengan ketinggian 3.726 mdpl, Gunung merapi tertinggi kedua di Indonesia ini menjadi favorit para pendaki. Di sepanjang perjalanan mencapai puncak, Gunung Rinjani menawarkan keindahan pemandangan dan udara sejuk khas pegunungan. Telah ditetapkan sebagai kawasan taman nasional, wajar jika banyak pengunjung yang mendatangi gunung ini.

5. Gunung Kerinci (3.805 mdpl)

Gunung Kerinci (Kerincinews)

Gunung yang terletak di Provinsi Jambi ini berdiri tegak dengan tinggi 3.805 mdpl. Gunung ini memiliki dua gelar, yaitu gunung tertinggi di Pulau Sumatra sekaligus gunung api tertinggi di Indonesia. Para pengunjung akan dimanjakan oleh keindahan panorama serta kekayaan flora dan fauna khas Gunung Kerinci. Jika mencapai puncak, Samudera Hindia yang luas bisa terlihat dengan jelas.

6. Gunung Yamin (4.595 mdpl)

Pegunungan Jayawijaya (Vebma)

Dengan tinggi sekitar 4.595 mdpl, Gunung Yamin menjadi gunung tertinggi ke-6 di Indonesia. Gunung Yamin terletak di Pulau Papua, membentang mulai dari Papua Barat hingga ke negara tetangga, Papua Nugini. Gunung Yamin menjadi salah satu puncak di deretan pegunungan Jayawijaya yang diselimuti salju. Sayangnya gunung ini masih kurang dieksplorasi, sehingga minim info yang didapat dari gunung ini.

7. Puncak Idenberg/Ngga Pilimsit/Merah Putih (4.626 mdpl)

Ngga Pilimsit (Libmagz)

Masih dari Papua, puncak yang memiliki tinggi 4.626 meter dari permukaan laut ini adalah puncak tertinggi ke-4 di Indonesia, dan merupakan salah satu puncak yang paling sulit ditaklukkan oleh para pendaki Indonesia. Namun, pada tahun 2009 sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Tim Ekspedisi Pecinta Alam Universitas Katolik Parahyangan berhasil menaklukkannya. Untuk mengenang keberhasilan tersebut, Puncak Idenburg berganti nama menjadi Puncak Merah Putih.

8. Puncak Trikora/Ettiakup (4.751 mdpl)

Puncak Trikora (Wikipedia)

Puncak Trikora adalah gunung yang terletak di Papua Barat dengan ketinggian 4.751 mdpl. Pada zaman kolonial Belanda, puncak ini diberi nama Puncak Wilhelmina. Jalur menuju puncak yang keras membuat para pendaki selalu tertantang untuk menaklukkannya. Suhu di puncak ini bisa mencapai 3 derajat celcius yang bisa membekukan para pendaki. Puncak ini terakhir kali ditaklukkan pada tahun 2016 oleh Tim Ekspedisi Sumpah Pemuda Universitas Negeri Jakarta.

9. Puncak Mandala (4.760 mdpl)

Puncak Mandala (Wikipedia)

Pulau Papua memang sangat kaya dengan puncak-puncak gunung tertinggi. Di urutan ke-2 sebagai gunung tertinggi di Indonesia ditempati oleh Puncak Mandala yang memiliki tinggi 4.760 mdpl. Gunung ini masih merupakan gabungan dari puncak-puncak yang berada pada pegunungan Jayawijaya.

10. Puncak Jaya/Carstensz Pyramid (4.884 mdpl)

Puncak Jaya (Worldatlas)

Sampailah kita pada gunung tertinggi di antara semua gunung yang ada di Indonesia. Predikat ini dimiliki oleh sebuah puncak yang ada di Papua bernama Puncak Jaya atau Cartenzs Pyramid. Berada pada barisan Sudirman, puncak ini berdiri tegak dengan tinggi 4.884 mdpl. Puncak Jaya sangat populer hingga ke mancanegara karena menjadi salah satu dari tujuh puncak dunia (Seven Summits). Nama Cartenzs merujuk kepada sebuah ekspedisi yang diprakarsai oleh Belanda pada tahun 1936 yang berhasil mencapai puncak ini. Selanjutnya, pada tahun 1963 berganti nama menjadi Puncak Soekarno, setelah itu berganti nama menjadi Puncak Jaya.

Itulah 10 gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Gunung mana yang pernah JBers daki hingga puncaknya? Gunung manapun yang JBers daki, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan gunungnya, jangan sampai terkotori oleh sampah yang dibuang sembarangan. (tom)