Kerja (thestraussgroup.netdna-ssl.com)

Rasa jenuh, malas, dan engga mood memang seringkali hinggap nih JBers bagi kita yang memiliki segudang pekerjaan.  Bahkan, untuk memulai dan tetap fokus pada suatu pekerjaan, kita seakan harus berperang melawan rasa malas itu. Alhasil, jika banyak pekerjaan tertunda maka pekerjaan di belakangnya pun ikut-ikutan tertunda.

Nah, kalau kamu salah satu orang yang kerap menunda pekerjaan. Yuk ikutin 5 cara ampuh ini supaya kamu lebih produktif.

1. Do it now

Do it Now (http://thinkstockphotos.com/)

Kerjakan sekarang juga. Yup, jika kamu ingin pekerjaan kamu cepat selesai, ya kerjakan sekarang juga. Jangan menyepelekan bentuk pekerjaan apapun. Apalagi berpikir untuk mengerjakannya nanti. Pepatah mengatakan pekerjaan yang baik ialah yang selesai. Jadi, kalau kamu bisa mengerjakannya sekarang kenapa harus menunggu nanti?

 

2. Prioritas kerja

Prioritas Kerja

Nah, kalau yang ini buat kamu yang punya beberapa job sekaligus. Kamu bisa memulai me-list pekerjaan mana yang harus diprioritaskan. Coba buat deadline pekerjaan kamu agar tidak ngaret. Kamu dapat mencatatnya di buku harian, buku tugas, telepon seluler, laptop, kalender, atau papan tulis.

Pastikan setelah me-list pekerjaan tersebut kamu mulai mengerjakannya dari daftar pertama. Lihat jadwal setiap kamu menyelesaikan pekerjaan pertama. Ingat JBers, tujuan kamu me-list itu adalah untuk mempercepat pekerjaan bukan untuk menundanya lagi, ya!

 

3. Atur waktu istirahat

Istirahat kerja (Vebma)

Sebagian orang mungkin berpikir istirahat seperti tidur hanya kegiatan membuang-buang waktu. Tapi, kamu harus tahu JBers, tidur dapat mengembalikan fokus kamu dalam bekerja. Selain itu, kamu bisa mengistirahatkan tubuh kau setelah lelah beraktivitas.

Jika pekerjaan sudah mulai menumpuk di satu waktu. Usahakan rehat sebentar untuk menarik napas atau merenggangkan otot-ototmu. Rileks lah sejenak dan biarkan otakmu beristirahat. Jangan terlalu lama juga ya JBers, segera mulai kembali aktivitas kerja kamu!

 

4. Identifikasi masalah

Identifikasi Masalah (shutterstock)

Jika kamu memiliki masalah dengan pekerjaan yang besar atau berat. Pekerjaan besar yang jika mendengarnya saja sudah membuat kepala kamu pusing. Coba deh temuin solusinya dengan membaginya menjadi tugas-tugas kecil sehingga mudah dikerjakan. Juga, kerjakan berdasarkan urutan prosesnya.

Setelah memecahkannya secara bertahap, coba kamu kerjakan. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa berat untuk mengerjakannya.

 

5. Beri hadiah pada diri kamu setelah menyelesaikan pekerjaan

Cara lain untuk memotivasi diri untuk menyelesaikan tugas adalah menyiapkan hadiah untuk diri sendiri setelah tugas tertunda itu selesai. Penelitian menunjukkan otak manusia merespon stimulus terhadap hadiah. Buang rasa gak mood dan rasa malas. Pikirkan apa yang bisa kamu lakukan setelah pekerjaan itu selesai. Jangan tunda-tunda lagi. Lebih cepat beres, tentu lebih cepat lega.

Ternyata ada banyak cara untuk menghilangkan kebiasaan itu loh JBers.  Jadi, kamu masih mau menunda-nunda pekerjaan? Coba pikir ulang deh!

(rei)