Riri, Mahasiswa FKM UMI Langganan IPK Sempurna (Pojoksatu)

Berbeda dengan masa sekolah yang prestasi seorang siswa dilihat dari nilai tiap mata pelajarannya, jika kuliah prestasi seorang mahasiswa dilihat dari besar atau kecilnya IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif. IPK ini sendiri memiliki nilai paling tinggi 4.0, sehingga jika seorang mahasiswa memiliki nilai IPK 4.0 tiap semesternya hingga dia lulus, maka dipastikan dia akan lulus cum laude. Jika JBers ingin mendapatkan IPK 4.0 tiap semesternya, maka kamu bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Jangan pernah Absen di kelas

Suasana ruang kelas kuliah (Tribunnews)

Sebisa mungkin, kamu harus terus hadir dalam tiap perkuliahan. Tiap kampus memiliki aturan absensi yang berbeda-beda, namun biasanya kamu hanya boleh absen maksimal 3 sampai 4 kali dalam satu mata kuliah. Lebih dari itu, maka kamu tak bisa mengikuti ujian, dan otomatis nilai kamu untuk mata kuliah tersebut kosong. Akhirnya, harapan untuk mendapatkan IPK 4.0 dalam semester ini pupus sudah. Tips lainnya jika kamu memang tak pernah absen, adalah duduk di bagian depan, sehingga kamu bisa fokus pada apa yang diberikan dosen padamu.

2. Aktif di kelas

Ilustrasi aktif di kelas (Flickr)

Selain duduk di depan, kamu juga harus aktif dalam perkuliahan, seperti misalnya bertanya jika ada yang kurang kamu pahami, atau bisa menjawab pertanyaan dosen dengan benar. Bisa juga kamu bantu-bantu dosen kamu untuk hal-hal kecil seperti menghapus papan tulis, atau memasangkan proyektor. Hal ini bertujuan agar kamu dikenal dosen. Tapi awas, jangan dilakukan berlebihan, karena kamu bisa dibilang cari muka.

3. Mencatat poin penting dari perkuliahan

Catatan mata kuliah (Fablivemay)

Jika dirasa ada yang penting, maka kamu bisa mencatatnya dalam buku kamu. Kamu bisa memilih untuk langsung mencatatnya di buku catatan utama kamu, atau mencatat dulu di kertas buram, lalu setelah sampai di rumah kamu menyalin kembali ke buku catatan utama kamu. Selain terlihat lebih rapi, dengan melakukan ini pelajaran yang kamu terima hari itu bisa lebih nempel di kepala.

4. Selalu mengerjakan tugas dan mempersiapkan ujian

Tugas kuliah (Azevia)

Pastinya seorang dosen lebih suka pada mahasiswa yang selalu mengerjakan tugasnya dengan baik dan tepat waktu. Karena itu, sebisa mungkin serahkan tugas tepat waktu, tapi jangan asal-asalan juga. Dengan begini, kamu akan mendapatkan nilai tambah di mata dosen kamu. Selain selalu mengerjakan tugas, kamu juga harus mempersiapkan diri kamu untuk menghadapi ujian. Hindari yang namanya Sistem Kebut Semalam alias SKS. Jika kamu mengikuti metode mencatat perkuliahan dengan kertas buram seperti yang disebutkan di atas, maka kamu bisa lebih efektif menerima pelajaran dibandingkan sistem SKS.

5. Aktif di organisasi

Ilustrasi organisasi kampus (Vistaeducation)

Selain aktif di kelas, aktif di organisasi kampus menjadi sangat penting bagi seorang mahasiswa untuk melatih kerjasama dalam tim, kemampuan organisasi, serta kemampuan komunikasi. Biasanya yang aktif di sebuah organisasi akan terbiasa untuk menghadap ke dosen, dekan, atau bahkan rektor, dan ini tentunya menjadi nilai lebih bagi kita karena kita akan mudah dikenal oleh dosen.

Jika JBers memang ingin mendapatkan IPK terbaik, yaitu 4.0, maka kamu bisa lakukan tips-tips di atas. Semoga sukses, dan jangan lupa berdoa. (tom)