Pasca-lulus biasanya memiliki banyak momen, mulai dari momen haru karena bisa menyelesaikan pendidikan dengan tepat waktu sampai ke momen sulitnya mencari pekerjaan. Akan tetapi, diakui bahwa momen kelulusan memang memiliki dampak yang signifikan terhadap jiwa seseorang. Kegembiraan yang menggebu-gebu sekaligus kekhawatiran mengenai masa depan.

Namun, menurut kacamata psikologis, kegalauan setelah lulus bagi fresh graduate tergolong hal yang wajar. Asalkan kegalauan tersebut tidak dibiarkan berlarut-larut. Dan biasanya, kegalauan hanya akan muncul karena memandang diri rendah sehingga tidak percaya diri untuk ikut bersaing. Padahal ada banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan, seperti menjadi PNS, karyawan, atau bahkan enterpreneur. Nah, jika JBers masih bingung menentukann arah mana yang akan kamu pilih. JadiBerita merangkumkan tips berikut ini buat bantu mantepin masa depan kamu.

1. Kenali Diri Kamu

Kenali Diri (ayobakat.com)

Bukan berarti selama ini kamu tidak mengenal diri sendiri, ya JBers. Kamu hanya perlu mengenali pekerjaan apa yang akan cocok untuk pribadi yang kamu miliki. Jika kamu termasuk orang yang loyal mungkin kamu cocok untuk menjadi PNS. Pun jika kamu memiliki sifat yang generalist atau bersemangat dan suka menyibukkan diri, akmu cocok untuk jadi karyawan. Begitu juga bila kamu pribadi yang kreatif dan berani ambil resiko kamu cocok menjadi enterpreneur.

Namun, jika kamu masih bingung ingin menjadi apa ke depannya. Kamu bisa mengenali diri kamu melalui bakat. Cari tahu bakat yang kamu miliki melalui hal-hal kecil, seperti hal yang kamu sukai, yang bisa kamu kerjakan, dan mendapat apresiasi tinggi oleh sekitarmu. Untuk lebih meyakinkan, kamu juga bisa mencoba test bakat yang disediakan secara gratis di web-web online.

 

2.Jangan terus-terusan memperhatikan orang lain

Memperhatikan (Tribunnews)

Melihat bahkan sampai merasa iri dengan kesuksesan orang lain adalah hal yang sah-sah saja, JBers. Akan tetapi, kamu harus ingat, bahwa kesuksesan dan keberuntungan setiap orang itu berbeda. Kamu hanya perlu menjadikan hal tersebut gambaran yang memotivasi kamu semakin maju.

Jika kamu memiliki passion untuk menjadi enterpreneur jangan takut dan terpengaruh oleh kesuksesan teman kamu yang baru lulus PNS, ya. Enterpreneur memang mengharuskan kamu berani mengambil resiko. Berbeda dengan menjadi PNS yang kehidupannya akan stabil.

 

3. Yakin dengan kemampuan diri sendiri

Yakin dengan Kemampuan (brusheezy.com)

Berpegang pada apa yang kamu sukai dan membiarkan orang lain mencemooh tanpa membuat kamu goyah adalah sebuah integritas yang bisa diakui dari diri kamu. Kamu harus yakin dengan kemampuan yang kamu miliki. Jika kamu sudah memilih menjadi PNS jangan tergiur dengan godaan kemewahan para enterpreneur sehingga kamu resign dan mencoba usaha padahal bukan passion kamu. Kamu akan menyesalinya apabila kamu gagal usaha dan pekerjaan PNS sudah hangus.

Dengan yakin pada kemampuan diri sendiri juga membuka peluang kamu untuk semakin fokus dan berkembang pada bidang yang kamu pilih loh JBers. Kamu akan semakin memikirkan kesuksesan yang bisa kamu raih dari yang sedang kamu miliki atau kerjakan saat ini.

 

4. Saat kamu menyadari sedang terbawa arus, switch

Putar Arah (otosia.com)

Kamu akan sangat mungkin untuk terjebak dalam sebuah arus, misalnya fokus pada pekerjaan yang mudah dan menghasilkan, pekerjaan yang enteng dan tidak menekan. Jika kamu menyadari bahwa kamu sedang bersantai-santai, berjalan semakin pelan menuju masa depan yang kamu impikan, sudah saatnya kamu mengubah jalan. Putar haluan. Bisa jadi selama ini kamu sedang terbawa arus.

Pelajari lagi apa mimpi kamu selama ini. Apa tujuan kamu dalam hidup. Jika kamu sudah melihat daftar keinginan kamu mencapai masa depan sudah berbeda jauh dengan yang kamu jalani saat ini, coba kembalikan jalan kamu. Memang, untuk mencapai masa depan kita tidak harus terpaku, tetapi sesuatu yang sudah direncanakan tentunya akan memberi dampak yang lebih besar dan baik untuk masa depan kamu loh JBers.

 

5. Berpikir Jangka Panjang

Berpikir Panjang (WordPress.com)

Kamu harus benar-benar memikirkan pekerjaan yang kamu pilih sesuai dengan ekspektasi kamu untuk masa depan impian. Hal itu juga yang menjadi alasan para orang tua yang biasanya menginginkan anak mereka menjadi PNS, karena berharap kehidupan anaknya terjamin. Bagi kamu yang terbiasa hidup stabil dan tidak bisa beradaptasi dengan situasi-siutasi tak terduga, menjadi PNS adalah pilihannya, kehidupan kamu akan stabil. Biasanya PNS akan jauh dari hal-hal mengejutkan seperti gulung tikar yang biasa dihadapi enterpreneur. Juga PHK masal yang biasanya terjadi pada pekerja-pekerja swasta.

Namun, memilih menjadi enterpreneur juga tidaklah salah. Jika kamu memiliki jiwa inovasi yang tinggi, kamu akan dengan mudah menghadapi kejatuhan. Dan kamu akan berdiri dengan sangat berjaya seperti enterpreneur-enterpreneur pada umumnya. Pun apabila kamu memilih menjadi karyawan di sebuah perusahaan demi mengembangkan bakat yang kamu miliki. Itu sah-sah saja, selama semua kegiatan itu kamu kerjakan secara total sehingga kamu pun akan mendapatkan feedbcak yang total.

Nah, untuk menjadi apa yang kamu inginkan tentu tidak mudah, ya, JBers. Memang tidak pernah ada usaha yang sia-sia, kamu perlu berproses untuk menggapai sebuah hasil yang baik. Jika kamu masih ragu, kamu hanya harus menggali semua kelebihan yang kamu miliki. Jangan berkecil hati karena hal sepele. Tuhan telah menyetel manusia dengan segala kekurang dan kelebihannya. So, kamu hanya perlu percaya bahwa kamu bisa melakukannya. Jadi, kamu mau jadi apa nih JBers? Tentuin sekarang, ya!

(rei)