Fresh graduate (Ppmschool)

Setelah kita lulus kuliah, ada 2 pilihan yang bisa kita ambil, yaitu melanjutkan studi ke jenjang S2, atau bekerja. Bagi JBers yang memilih untuk bekerja setelah lulus kuliah, mungkin pernah atau sering membaca artikel yang isinya IPK saja tidak cukup untuk dapat melancarkan jalanmu ke dunia kerja sesungguhnya. Nah, sekarang, JB bakal kasih tahu skill apa saja yang harus kamu kuasai agar bisa gampang diterima kerja selain IPK yang tinggi.

1. Conflict management

Ilustrasi konflik (Pexels)

Jika kamu sering berorganisasi, sudah pasti yang namanya beda pendapat itu adalah hal yang biasa terjadi. Di dalam organisasi, selain harus memiliki teamwork yang solid, tentu kamu juga harus memiliki conflict management yang mumpuni. Perusahaan yang kamu tuju nantinya dapat menilai apakah kamu tipikal pemimpin, atau mediator, bahkan provokator.

2. Leadership

Ilustrasi leadership (Pixabay)

Jika kamu sering masuk ke dalam organisasi namun hanya menjadi anggota, hal itu kemungkinan memperkecil peluang kamu diterima kerja di perusahaan yang kamu tuju. Skill leadershipmu dilihat dari bagaimana peranmu dalam organisasi. Ceritakan pengalamanmu ketika berada dalam suatu kelompok baik organisasi maupun kepanitiaan, karena itu bisa memperbesar kemungkinan kamu diterima kerja.

3. Komunikasi dan bersikap ramah

Ilustrasi ramah (Jawapos)

Saat wawancara, kamu diharuskan untuk menjawab pertanyaan dari rekruter dengan waktu yang singkat. Karena itu, skill komunikasi diuji di sini. Yang dicari perusahaan bukan orang top, paling pintar di kelasnya, dan sebagainya. Yang mereka cari adalah orang yang sekiranya dapat mengikuti value perusahaan. Selain itu, selama wawancara kamu juga harus memiliki sikap ramah.

4. Negosiasi

Ilustrasi negosiasi (Pixabay)

Jangan jadi orang pertama yang memberikan penawaran. Kamu harus riset dulu, profesi yang kamu lamar gaji rata-ratanya berapa, dengan pertimbangan wilayah penempatan juga statusmu sebagai fresh graduate. Setelah mendapatkan nominal dari perusahaan, baru kamu ungkapkan gaji yang kamu inginkan dengan alasan-alasan logis. Skill negosiasi dibutuhkan di pekerjaan yang berhubungan dengan banyak orang. Berlatihlah mulai dari sekarang.

5. Networking

Ilustrasi networking (Publicdomainpictures)

Perusahaan nggak mau tahu kamu masih berhubungan dekat dengan teman SD. Yang mereka ingin tahu adalah output dari pertemanan itu. Percuma aja kamu kenal banyak orang tapi nggak menghasilkan apa-apa. Mulai sekarang, setiap lagi kumpul-kumpul sama teman, coba inisiasi project kecil-kecilan. Dari situ kamu bisa menghasilkan tongkrongan yang berfaedah.

Yang paling penting di atas semua skill yang disebut di atas adalah attitude atau caramu bersikap. Ketika proses rekrutmen, perusahaan lebih menghargai kandidat yang secara akademis biasa saja tapi terlihat santun dan bisa diajak bekerja sama dibandingkan dengan kandidat yang nomor satu di kelasnya tapi pembawaannya angkuh. Jadi, JBers harus belajar bagaimana bersikap wajar dan tetap sopan dalam keadaan apapun. (tom)