Indonesia adalah negeri yang kaya, baik dari alamnya maupun dari warisan budayanya. Salah satu warisan budaya Indonesia yang mendunia adalah batik. Batik sudah diakui sebagai warisan dunia oleh UNESCO sejak tanggal 2 Oktober 2009. Bahkan mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, juga mengakui keindahan batik dengan sering memakainya pada acara-acara penting. Namun tahukah JBers jika ternyata di balik motif batik itu terdapat makna-makna yang tersembunyi? Berikut adalah makna-makna dari setiap motif batik yang ada di Indonesia.

1. Motif Batik Keraton

Motif Batik Keraton (Cepamagz)

Dulunya motif Batik ini hanya boleh digunakan oleh kalangan Sultan dan keluarga saja. Tapi sekarang batik ini sudah bisa digunakan oleh kalangan biasa. Hal itu disebabkan karena penemu motif ini adalah para putri keraton Yogya. Berkat mereka, motif ini menjadi setara, dan tak ada kesenjangan sosial.

2. Motif Batik Sekar Jagad

Motif Batik Sekar Jagad (Produsenkainbatik)

Motif yang berasal dari Yogyakarta ini memang dikenal akan keindahannya. Sekilas bentuk motif dari batik ini seperti gugusan pulau-pulau. Wajar saja, karena arti motif batik Sekar Jagad ini adalah “kar jagad” yang berarti peta dunia.

3. Motif Batik Parang Barong

Motif Batik Parang Barong (Bintang)

Batik yang juga dulunya hanya digunakan oleh raja memang dianggap sebagai suatu motif yang suci dan keramat. Arti motif batik ini adalah berupa doa dan harapan agar Sang Raja menjadi penguasa yang adil, jujur dan bertanggung jawab serta tak berbuat semena-mena terhadap rakyatnya.

4. Motif Batik Kawung

Motif Batik Kawung (Bintang)

Motif batik yang termasuk tertua dan dulu hanya bisa digunakan oleh keluarga Keraton ini menggambarkan penampang buah aren kelapa. Ada sumber lain yang mengatakan bahwa gambar salib di antara empat oval tersebut mengacu pada sumber energi universal.

5. Motif Batik Nitik

Motif Batik Nitik (Bintang)

Motif batik Nitik terinspirasi dari kain tenun yang dibawa oleh para pedagang dari Gujarat, India. Motif batik ini biasanya digunakan oleh orangtua dari pasangan mempelai pernikahan ala orang Truntum. Filosofi dari motif kain batik ini adalah berupa harapan agar orang yang memakai batik ini bisa berlaku bijaksana, dan dapat menilai orang lain.

6. Motif Batik Parang Rusak

Motif Batik Parang Rusak (Bintang)

Motif Batik yang hampir sama dengan motif batik parang barong ini diartikan sebagai sebuah pertarungan yang dilakukan sesama manusia melawan kejahatan dan lebih bisa mengendalikan diri sehingga menjadi manusia yang mulia dan bijaksana.

7. Motif Batik Sido Mukti

Motif Batik Sido Mukti (Bintang)

Motif batik ini biasanya digunakan dalam upacara adat perkawinan. Arti motif batik Sido Mukti ini adalah harapan untuk menggapai kebahagiaan lahir dan batin.

Dari semua motif batik itu, mana yang disukai oleh JBers? Dan sudah tahukah apa arti dari motif batik kesukaan JBers itu? (tom)