Merantau (kaskus.id)

Masa depan memang jadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang. Keresahan dan kebimbangan seperti tiada habisnya jika membahas masa depan. Bahkan, sebagian orang merasa belum memiliki persiapan yang cukup meskipun sudah ke sana ke mari mencari pencerahan.

Alhasil, generasi galau pun bermunculan. Enggak tanggung-tanggung, karena terlalu galau dengan masa depan, kita menjadi takut memulai. Kemudian muncul pertanyaan, “Mau mulai dari mana ya?” yang kemudian  dari ketakutan itu membuat kita berdiam diri tanpa pergerakan.

Padahal sebenarnya kamu enggak perlu merasa resah apalagi bimbang. Mau bagaimana pun galaunya, masa depan tetap harus kamu hadapi. Yang jadi masalah, mau jadi apa? atau kamu malah engga tahu mau jadi apa? Bisa gawat nih JB’ers kalo sampai kamu enggak punya tujuan untuk masa depan. Nah, daripada kamu bingung di situ-situ aja. JadiBerita sudah merangkum 5 alasan merantau yang bisa membuat kehidupan masa depan kamu lebih baru. Coba deh dunia baru, dijamin lebih seru!

 

1. Keluar dari zona nyaman bikin kamu semakin tangguh

Zona Nyaman (mokomoko.id)

Ya bisa saja selama ini galau kamu diakibatkan terlalu asyik di zona nyaman sehingga kamu takut menghadapi masa depan yang belum tentu arahnya. Kamu berpikir masa depan yang belum jelas justru akan menyulitkan kehidupan kamu kelak. Jangan berpikir begitu ya JBers. Kamu pasti bisa mlewatinya kok. Karena manusia akan terus berkembang. Tetapi, jika kamu hanya berada di dunia yang saat ini kamu geluti, sama saja kamu menolak untuk maju.

Tidak berusaha menggurui ya JBers. Tetapi, semua jalan yang akan kamu tempuh untuk masa depan pastinya merupakan dunia baru. Pada fase itu kamu harus keluar dari zona nyaman. Nah, jika kamu bingung memulainya dari mana. Coba hijrah, merantau bisa jadi solusi buat menantang diri kamu keluar dari zona nyaman loh JB’ers.

 

2. Melatih kemandirian, bisa membuat kamu semakin siap menghadapi masa depan

Mandiri (bisnisbarengbee.com)

Baik laki-laki atau perempuan jika berada di rumah sendiri tentu akan menjadi lebih bergantung kepada keluarganya kan JBers. Nah, sementara menghadapi masa depan adalah tugas masing-masing individu, merantau bisa jadi solusi buat kamu.

Dengan merantau kamu akan melatih diri kamu bersikap mandiri. Tidak bergantung atau mengandalkan orang lain. Hanya mengandalkan diri sendiri. sikap seperti itu akan berguna untuk menghadapi masa depan kamu JB’ers.

 

3. Berpikir lebih terbuka, karena kamu hidup di lingkungan yang membuat kamu harus beradaptasi dengan cepat

Wawasan Luas (wordpress.com)

Merantau sama saja dengan kamu mengunjungi lingkungan baru. Tentunya kamu perlu mempelajari tempat yang kamu kunjungi. Bedanya, kamu menetap di suatu tempat itu dan memerlukan yang namanya “adaptasi”.

Saat beradaptasi, kamu akan dipaksa memahami lingkungan baru tersebut. Maka secara perlahan kamu akan memperluas pemahaman kamu. Karena kamu butuh bertahan maka kamu akan semakin berpikir terbuka tentang sesuatu. Hal itu akan membantu kamu menentukan tujuan hidup. Jika dahulunya kamu kurang tertarik akan sesuatu, setelah kamu memiliki wawasan baru, kamu akan semakin berpikir apa yang layak dan tidak untuk kamu jadi tujuan masa depan.

 

4. Semakin berjuang, teman dan lingkungan baru akan membawa aura positif untuk masa depan kamu

Berjuang denga Teman (duitpintar.com)

Jika sebelumnya kamu berteman dengan orang dan lingkungan yang itu-itu saja. Maka dengan merantau kamu akan menemukan banyak teman baru yang tentunya memiliki banyak pemikiran hebat. Kamu akan belajar secara langsung maupun tidak langsung dari teman dan lingkungan kamu tersebut.

Aura positif yang mereka bisa tularkan pun mampu membuat semangat juang kamu menghadapi masa depan semakin membara. Apalagi jika teman-teman di sekeliling kamu memiliki ambisi yang kuat untuk masa depan mereka. Maka kamu akan ikut berjuang meraih masa depan kamu dengan lebih gigih.  Kamu akan menikmati masa perjuangan yang dilakukan bersama dengan teman-temanmu. Rasa keluar dari zona nyaman pun akan tidak lagi memusingkan kepalamu. Karena kamu secara perlahan berjalan menuju masa depan yang kamu impikan.

 

5. Semakin mampu mengatur waktu, karena kamu adalah alarm bagi diri sendiri

Mengatur Waktu (klimg.com)

Kamu sedang merantau, yang otomatis membuat kamu jauh dari keluarga maupun teman-teman yang selama ini menjadi pengingatmu. Dengan merantau kamu akan dipaksa memiliki batasan sendiri. Kamu harus membedakan mana yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan. Sebab kamu harus menjaga kepercayaam orang tua dan keluarga kamu di rumah.

Merantau juga membuat kamu hidup seorang diri di tanah orang, meskipun tidak berarti kamu hidup sendirian di tempat itu. Tetapi kamu harus mampu mengatur waktu menjadi lebih produktif. Kamu harus bertahan, dan mengatur waktu adalah cara kamu bisa bertahan. Oleh karena itu, kamu akan berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dengan mengatur jam tidur, jam kerja, jam bergaul dengan temanmu, bahkan jam kamu untuk liburan bareng keluarga kamu di rumah.

Nah, gimana JBers? Kamu tertantang ikutan merantau? Siap-siap deh menemukan hal baru yang bisa jadi lebih positif dan asyik. Kamu pun akan menjadi jiwa yang tangguh sehingga mampu menjadi pribadi yang lebih positif. Selamat Merantau JB’ers!

(rei)