Hanin Dhiya (Genmuda)

Dari beberapa musisi, ada yang memang menjadikan mereka musisi yang memproduksi lagu sendiri, dan ada juga musisi yang memang khusus untuk cover. Selama covernya bagus, mungkin masih bisa dikenal masyarakat luas. Salah satu musisi cover yang cukup dikenal di Indonesia adalah seorang cewek bernama Hanin Dhiya. Hanin termasuk salah satu musisi cover yang terbilang laris dipanggil berbagai acara on-air atau off-air. Namun jangan salah, meski dikenal sebagai musisi cover, jebolan Rising Star Indonesia ini juga memiliki single-nya sendiri, seperti “Yang Terbaik” dan “Bintang Kehidupan.” Bukan cuma bawain lagu orang, dia pun bikin video cover yang terkadang terkonsep dan sudah terlihat seperti video klip dibandingkan video cover. JB’ers bisa lihat video cover terbaiknya berikut ini.

1. Dewa 19 – Pupus

Salah satu lagu unggulan Dewa 19 ini dibawakan dengan baik oleh Hanin. Kebanyakan yang mengcover vokal merasa kesulitan karena suara Once yang bisa tinggi namun juga bisa rendah cukup sulit diikuti. Namun tak demikian halnya dengan Hanin. Tak heran jika view video ini mencapai hampir 9 juta view.

2. JAZ – Dari Mata

Lagu “Dari Mata” yang dinyanyikan penyanyi bernama JAZ asal Brunei Darussalam ini diakui penyanyinya sendiri terinspirasi saat dia bermain game bersama teman-temannya. Untuk versi covernya, Hanin berkolaborasi dengan Barra, menciptakan nuansa yang berbeda dengan lagu aslinya. Videonya sendiri juga sudah terkonsep layaknya video klip. View dari video cover ini sudah mencapai lebih dari 14 juta view.

3. Virgoun – Surat Cinta untuk Starla

Kepopuleran lagu “Surat Cinta untuk Starla” memang tak terbendung. Hampir semua anak muda tahu lagu ini, termasuk Hanin. Jika lagu aslinya menggunakan suara cowok, maka kali ini agak berbeda karena suaranya cewek. Tentu saja versi cover ini bisa bikin adem siapa pun yang mendengarnya. View dari video cover ini sudah mencapai lebih dari 24 juta.

4. Payung Teduh – Akad

Lagu “Akad” dari Payung Teduh juga belakangan ini meraih popularitas di Indonesia. Liriknya yang mudah diingat dan lagunya yang terbilang sederhana menjadi faktor lagu ini cepat naik. Hanin pun tak ketinggalan mengcover lagu ini. Hingga kini jumlah view video cover ini mencapai lebih dari 33 juta. Sayangnya, video cover ini mendapatkan protes dari vokalis Payung Teduh, Is. Is mengungkapkan kekecewaannya terhadap Hanin karena dianggap mengambil keuntungan dari Payung Teduh. Hanin pun mengklarifikasi hal tersebut. Meski tak mengajukan permohonan secara resmi, ia mengatakan bahwa dia sudah meminta izin pada orang yang mengaku dekat dengan Payung Teduh. Hanya saja, dirinya maupun manajemen tidak memastikan kembali apakah izin tersebut sampai kepada manajemen Payung Teduh hingga permasalahan ini mencuat. Hanin sendiri juga sudah membuat video permintaan maaf terkait permasalahan ini di channel YouTube miliknya.

5. Armada – Asal Kau Bahagia

Lagu yang bernada galau ini juga sukses dicover oleh Hanin. Apalagi di tengah lagu Hanin tampak menitikkan air mata, membuat nuansa galaunya lebih terasa. Wajar saja video ini menarik perhatian netizen, dan mendapatkan jumlah view sebanyak lebih dari 38 juta.

Dari kelima video cover milik Hanin tersebut, maka favorit JB’ers? (tom)