Skripsi kerap menjadi momok bagi para mahasiswa tingkat akhir, termasuk kamu kah JB’ers…? hehe. Ya gimana nggak nakutin, kadang susah juga ya ngerjainnya. Setelah kuliah 7-8 semester, kita harus membuat karya ilmiah yang mendalam, dengan membutuhkan banyak referensi. Proses pembuatannya yang panjang dan melelahkan membuat mungkin juga membuat kita jenuh dan putus asa. Bab demi bab dilalui dengan penuh jerih payah.

Salah satu hal yang sulit dalam pembuatan skripsi adalah mencari sumber data yang lengkap dan terpercaya. Tapi tenang, kamu tak perlu lagi khawatir, berikut ini 5 situs di internet yang bisa bantu kamu untuk ngerjain skripsi.

 

1. Google Scholar

Google Scholar

Google Scholar adalah salah satu situs yang wajib kamu akses. Situs ini merupakan buatan Google yang menyediakan jurnal-jurnal online yang lengkap dan dapat diakses secara free. Kamu juga dapat membuat bookmark pada setiap jurnal jadi sangat mudah mengutip data untuk bahan skripsi. Kata kunci yang kamu ketik sebaiknya spesifik, sehingga hasil yang didapat bisa memuaskan.

 

2. Microsoft Academic

Microsoft Academic

Microsoft Academic merupakan situs berikutnya yang dapat membantu penbuatan skripsi. Situs ini memiliki filter-filter yang lebih menjurus ke bidang ilmu tertentu. Kamu bisa mencari jurnal berdasarkan penulis atau lokasi dibuatnya penelitian. Pencarian pastinya akan menjadi lebih spesifik. Selain itu, situs pencarian jurnalnya tergolong sangat mudah jika dibandingkan dengan situs jurnal penelitian lainnya. Situs ini bisa menjadi pilihan selanjutnya setelah mencoba Google Scholar.

 

3. Indonesian Publication Index

Indonesian Public Index

Indonesian Publication Index dikenal juga dengan nama Portal Garuda. Situs ini hampir mirip dengan Google Scholar dan Microsoft Academic. Situs ini dibentuk oleh suatu komunitas ilmuwan yang bernama Institute of Advanced Engineering and Science. IAES merupakan suatu lembaga non-profit yang bertujuan untuk memajukan pendidikan Indonesia melalui beberapa kegiatan ilmiah.

 

4. Academia

Academia

Academia adalah sebuah jejaring sosial yang digunakan sebagai media sharing penelitian oleh para akademisi. Mayoritas mahasiswa akan mengakses situs ini saat mengerjakan skripsi. Di dalam situs ini, mirip dengan sosial media, karena kalian bisa memberikan komentar dan saling berkomunikasi dengan pemilik jurnal. Situs ini digunakan sebagai media sharing makalah penelitian. Di situs Academia hanya memuat penelitian-penelitian yang diunggah oleh sang peneliti.

 

5. Eureka Pendidikan

Eureka Pendidikan

Situs ini berbeda dengan situs lainnya. Situs ini tidak memuat jurnal atau skripsi namun berisi tentang pendapat ahli dalam bentuk opini. Website ini dibuat untuk mendukung perkembangan dunia pendidikan khususnya pendidikan Indonesia. Untuk mengakses artikel dari situs ini, anda harus mendapat ijin dari penulis.

Setelah membuka situs di atas, diharapkan kalian dapat mengerjakan skripsi dengan baik. Jangan khawatir soal sumber data skripsi kalian, kini kalian bisa mengakses situs dengan mudah dan mencari apa yang kalian butuhkan. Jangan jadikan skripsi sebagai beban namun kerjakanlah dengan sepenuh hati dan penuh semangat, pasti bisa!

(rei)