Kebutuhan setiap hari semakin bertambah, tapi kamu nggak enak kalau minta tambahan uang jajan sama orang tua? Pusing deh kalau kamu butuh uang tambahan. Membuka bisnis sampingan bisa jadi salah satu cara efektif untuk menjawab masalah ini. Bisa saja yang awalnya usaha sampingan malah jadi bisnis besar dan menjadi sumber penghasilan utama. Bisnis sampingan ini bisa kamu lakukan tanpa mengganggu aktivitas wajib yang mesti kamu lakukan. Ini dia 5 usaha sampingan yang bisa kamu lakukin buat nambah uang jajan.

1. Online Shop

onlineshop

Di zaman sekarang ini rata-rata orang ingin segala sesuatu yang praktis. Berlaku juga buat belanja tentunya. Tinggal pencet layar handphone, kini semua orang dengan mudah bisa belanja. Dengan mengambil kesempatan ini, kamu bisa jualan barang apa aja dengan online. Mulai dari pakaian, bunga, balon, pokoknya semua deh. Kamu tinggal memilih e-commerce atau website online mana yang cocok agar produkmu semakin berkembang. Keuntungan dari penjualan produkmu bisa jadi uang jajan tambahan.

 

2. Fotografer

Fotografer (Onlinenord)

Kalau kamu punya talenta di bidang fotografi, ini merupakan usaha sampingan yang menjanjikan. Kamu cukup bermodalkan kamera dan media sosial sebagai alat pemasaran. Media sosial juga bisa kamu jadikan sebagai portofolio hasil foto kamu sebelumnya. Jasa sebagai fotografer sangat dibutuhkan saat ini, bukan hanya memotret di dalam studio khusus, kamu bisa menjadi fotografer produk makanan atau pakaian, fotografer prewedding, bisa juga mempromosikan tempat atau design interior sebuah ruangan. Usaha yang merupakan jasa biasanya mempunyai bayaran yang lumayan.

 

3. Bisnis Kafe

Suasana Kafe (Ropang Plus Plus)

Bukan hal yang baru kalau anak zaman sekarang paling suka nongkrong, berkumpul bareng teman-teman. Ini bisa jadi salah satu peluang bisnis. Kamu yang memiliki modal yang cukup bisa membuka sebuah kafe kecil-kecilan. Makanan dan minuman yang kamu jual tidak perlu terlalu sulit, cukup mie instans dan roti bakar. Alat perabotan yang digunakan juga tidak perlu terlalu mahal, yang penting pengunjung dapat dengan nyaman datang ke kafe kamu. Tempat yang strategis tentunya menjadi salah satu faktor yang besar dalam kesuksesan usaha ini, kamu bisa membuka kafe di dekat kampus atau kos-kosan yang memang dipenuhi dengan aktifitas anak muda.

 

4. Menjual Makanan

menjual makanan

Setiap orang pasti butuh asupan makanan setiap hari. Maka dari itu salah satu usaha yang tidak akan pernah mati adalah usaha menjual makanan, Bila kamu hobi memasak ini bisa menjadi salah satu usaha sampingan yang menguntungkan. Kamu bisa memulai usaha ini kecil-kecilan, dengan menjual makanan di daerah sekitarmu. Misalnya ke teman kuliah, kantor atau tetangga. Bila kamu sudah punya modal yang cukup besarm kamu bisa pasarkan makanan mu lewat online atau membuka restoran.

 

5. Bimbingan Belajar

Les Private (Novakdjokovicfoundation)

Usaha yang satu ini sudah ada dari dulu, bahkan sampai sekarang masih menjadi salah satu usaha yang cukup populer buat nambah uang jajan. Memang sedikit agak berat, kamu harus menguasai pelajaran yang dibutuhkan. Membantu mengerjakan pekerjaan rumah, mempersiapkan ujian atau pun mempelajari bab yang baru. Ilmu yang kamu miliki akan kamu turunkan ke anak-anak. Usaha ini bisa kamu lakukan bareng teman-teman. Cukup dengan menyediakan sebuah tempat, anak-anak akan datang dan belajar. Usaha ini juga bisa dilakukan door to door. Kamu mendatangi murid satu per satu dan tentu saja bayarannya akan menguntungkan.

Itu dia usaha yang bisa kamu lakukan untuk menambah uang jajan. Perlu diingat usaha tidak harus bermodalkan besar. Usaha yang bermodalkan kecil bila ditekuni lama kelamaan akan tentunya menjadi besar. Setiap usaha yang dilakukan membutuhkan tekad yang besar, kejujuran dan kegigihan. Semoga usaha ini dapat membantu dan menginspirasi kamu ya. Selamat mencoba!

(rei)