Tes Kompetensi Dasar (Grid)

Setelah lulus tes pertama CPNS, JB’ers masih harus mengikuti rangkaian tes lainnya. Tahapan kedua yang harus dilalui adalah Tes Kompetensi Dasar atau TKD. Bagi sebagian pelamar yang tidak percaya diri, tahapan ini dinilai menakutkan karena harus menjawab 100 soal di depan komputer. Pasalnya, peserta tidak dapat saling membantu meskipun duduk bersebelahan. Bila ada kecurangan, maka peserta langsung didiskualifikasi. Nah, buat kamu yang akan mengikuti TKD, kamu bisa melihat tips dan trik berikut ini.

1. Mendahulukan soal Karakteristik Pribadi

Tes CPNS (Tribunnews)

Di dalam TKD ada 3 jenis soal yaitu Tes Intelejensi Umum, Tes Wawasan Kebangsaan, dan Tes Karakteristik Pribadi. Dalam hal ini disarankan agar kamu mengerjakan soal Karakteristik Pribadi terlebih dahulu untuk memanen skor. Kerjakan saja semua jangan ada yang ditinggalkan, jika bisa dalam sekali baca langsung saja jawab, jangan diulang-ulang agar tidak menghabiskan waktu. Selain itu mengerjakan soal karakteristik pribadi sangat cocok buat pemanasan untuk menjawab soal yang lain, jika misalnya mengerjakan soal hitung-hitungan langsung mungkin saja otak kita belum panas.

2. Jawab semua soal

Tes CPNS (Tribunnews)

Meski kamu nggak tahu jawaban dari soal yang ada di depan kamu, sebaiknya kamu menjawab semua soal tanpa kecuali, entah kamu tahu jawabannya atau tidak. Alasannya adalah tidak ada nilai minus jika kamu salah dalam menjawab soal, sementara jika satu soal dibiarkan kosong maka akan mendapat nilai minus. Jadi, usahakan diisi semua ya.

3. Trik jawab asal

Tes CPNS (Okezone)

Jika kamu mentok dan nggak tahu jawabannya, ada trik yang bisa kamu lakukan. Misalnya kamu tak tahu jawaban dari 5 soal, maka caranya adalah kamu bisa memilih C untuk semua soal itu. Kenapa mesti jawab satu opsi untuk semua? Ini hanya untuk meningkatakan kemungkinan mendapat nilai. Semua soal pasti memiliki jawaban dari A,B,C,D, dan sangat jarang ditemukan soal dengan jawaban yang sama 2 kali berurutan. Kemungkinan untuk mendapat nilai pada kelima soal tersebut meningkat minimal mendapat nilai pada satu soal dari kelima tersebut.

4. Menghapal nama kabinet tiap presiden

Tes CPNS (Okezone)

Selain tes karakteristik pribadi, ada tes lain yaitu wawasan kebangsaan. Untuk tes kebangsaan lebih baik kamu persiapkan dengan menghapal nama-nama kabinet setiap presiden, karena soalnya kebanyakan mengenai Indonesia pada saat tahun 90an ke bawah.Jadi kamu harus banyak-banyak belajar tentang Indonesia di masa tahun 90an ke bawah.

5. Memaksimalkan waktu

Tes CPNS (Tribunnews)

Soal Tes Kompetensi Dasar terdiri dari 100 soal dengan waktu 90 menit. Itu artinya kamu punya waktu tidak sampai 1 menit untuk menyelesaikan 1 soal. Sebaiknya untuk soal seperti Antonim atau Sinonim langsung kamu jawab saja setelah membaca soalnya, hal ini dilakukan agar tidak menghabiskan waktu. Sementara untuk soal hitungan, belajarlah trik mengenai persentasi, aljabar, persamaan, atau hitung cepat.

Itu tadi 5 tips dan trik untuk bisa lulus TKD CPNS. Jika kamu mengikuti tips di atas, paling tidak kamu bisa mendapatkan nilai minimum untuk bisa lulus ke tahapan selanjutnya. Buat JB’ers yang ikut tes CPNS, semoga beruntung yah. (tom)