Piknik di Twin House (@jejesoekarno)

Piknik di Jakarta rasanya memang cukup sulit untuk diwujudkan. Berhubung di Jakarta sudah jarang adanya lahan terbuka hijau yang bisa digunakan untuk berpiknik. Tapi ternyata ada beberapa kafe di Jakarta yang sengaja menyediakan lahan hijau terbuka untuk berpiknik para pengunjungnya loh JB’ers. Berkat konsepnya yang unik inilah, kafe-kafe kekinian tersebut menjadi viral dan terkenal di kalangan para pengguna sosial media, terutama instagram karena kebanyakan dari mereka mengupload foto atau membuat instastory yang menggambarkan betapa serunya nongkrong di kafe sambil berpiknik dengan santai menikmati semilir angin yang sejuk. Jadi mupeng khan membayangkannya? Yuk, langsung lihat seperti apa kafe-kafenya!

1. Twin House di Fatmawati

Piknik di Twin House (@twinhouse_cipete)

Jika membicarakan kafe yang cocok untuk berpiknik maka Twin House yang paling banyak dipilih. Twin House adalah kafe yang berkonsep outdoor dengan tampilan warna-warni yang sangat memikat sehingga membuat siapa saja gemas melihatnya. Kafe yang terletak di Jalan Cipete Raya No. 4B, Fatmawati ini tak hanya cocok untuk berpiknik, tapi juga cocok untuk garden party, birthday party, baby shower, hingga foto prewedding. Di sini, kamu bisa menikmati aneka sajian western dengan harga yang ramah di kantong. Twin House buka Selasa-Minggu mulai dari pukul 08.00-22.00

2. Gordi HQ di Cilandak

Piknik di Gordi (@kartikaherera)

Masih di daerah Jakarta Selatan, ada Gordi HQ yang merupakan kafe dengan area indoor yang lebih kecil dibanding area outdoor karena kafe ini memang sengaja menyediakan area outdoor yang lebih luas agar kamu bisa puas berpinik bersama dengan teman-teman. Ada kain terbentang dengan meja yang terbuat dari kayu peti kemas yang digunakan sebagai meja. Kamu bisa memesan menu kopi andalan mereka serta camilan ringan sambil mengobrol santai. Kafe ini berlokasi di Jalan Jeruk Purut Dalam No.25 dengan jam buka mulai dari pukul 07.30-19.30.

3. Cerita Cafe di Kampung Melayu

Piknik di Cerita Cafe (@afrarisya)

Ingin suasana piknik cantik dengan beanbag warna warni seperti di Pulau Dewata? Kamu bisa datang ke Cerita Cafe yang berada di Otto Iskandardinata No.125-127, Kampung Melayu. Di sini, ada area outdoor dengan bean bag warna warni yang menjadi spot favorit para pengunjung. Pihak pengelola kafe memang sengaja membuat spot ini mirip dengan kafe-kafe pinggir pantai yang ada di Bali. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menikmati sajian khas Bali seperti ayam bakar taliwang, ayam sambal matah, dan masih banyak lagi. Cerita Cafe buka setiap harinya mulai dari pukul 10.00-22.00 malam.

4. Paradigma Kafe di Cikini

Piknik di Paradigma Kafe (@paradigmakafe)

Kafe yang sering digunakan sebagai spot berkumpul para komunitas seni ini berada di dalam Gedung Kantor DPP Golkar dekat stasiun Cikini, tepatnya di Jalan Pegangsaan Barat No.4, Cikini. Kamu bisa memesan makanan dan minuman khas Indonesia lalu membawanya ke area outdoor yang sangat sejuk dan rindang karena ada banyak sekali pohon dan tanaman di sini. Saat memesan makanan dan minuman di area indoornya, kamu bisa melihat gallery dengan beberapa keramik yang dipajang apik. Paradigma Kafe buka setiap hari mulai dari pukul 10.30-22.00.

5. Caswell’s di Cilandak

Piknik di Caswell’s (@wdyamalia)

Caswell’s tergolong dalam deretan kafe unik karena kamu tak hanya bisa berpiknik cantik di sini, tapi juga mengajak anjing peliharaanmu. Caswell’s terletak di Jalan Ampera No. 9, Cilandak. Area outdoor yang luas dan hijau membuat kamu bisa berpiknik sambil bermain bersama dengan anjing peliharaanmu sepuasnya. Caswell’s ini sebenarnya tergolong dalam kategori coffee shop karena kafe ini menyediakan aneka varian kopi seperti espresso, americano, macchiato, picollo, latte, flat white, dan masih banyak lagi. Buat yang ingin datang langsung, Caswell’s buka setiap harinya mulai pukul 08.00-19.00.

Sekarang bukan hal yang mustahil lagi khan untuk berpiknik di Jakarta? Kamu tinggal memilih salah satu kafe di atas untuk dijadikan sebagai tempat berpiknik cantik bersama dengan teman-teman. Jangan lupa untuk bikin instastory nya ya JB’ers! (jow)