Traveling ke Gili Pasir, Pulau Mungil yang Jadi Surga Elok di Tengah Birunya Lautan

Pulau Lombok sangat terkenal akan wisata alamnya, terutama pantai dan lautan lepas yang panoramanya sangat menakjubkan. Salah satu wisata alam yang paling terkenal di Lombok adalah gili-gilinya. Gili merupakan sebutan pulau-pulau kecil yang ada di Lombok. Nama ‘gili’ ini diambil dari bahasa suku Sasak, yakni suku asli Lombok. JB’ers tentunya sudah mengenal nama Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air, serta Gili Kapal. Keempat gili ini memang paling terkenal sebagai objek wisata favorit wisatawan. Selain keempat gili ini, masih ada gili-gili lainnya yang bisa kamu kunjungi loh JB’ers. Salah satunya adalah Gili Pasir.

Liburan ke Gili Pasir (@justdewa)

Sesuai dengan namanya, Gili Pasir ini merupakan pulau yang terbentuk dari gundukan pasir di tengah-tengah lautan. Keunikan yang dimiliki Gili Pasir adalah pulau mungil ini bisa muncul dan menghilang begitu saja tergantung pada air laut yang pasang dan surut. Gili Pasir berlokasi di Desa Tanjung Luar, Kecamatan Keruak, Lombok Timur. Gili ini hanya memiliki luas sebesar lapangan futsal sehingga membuat kamu merasa seperti orang yang sedang tersesat atau terdampar di sebuah pulau pasir kecil yang dikelilingi lautan luas.

Liburan ke Gili Pasir (@alfinaprianrizky)

Tak ada satupun tanaman yang tumbuh di atas Gili pasir sehingga kamu hanya akan menemukan hamparan pasir saja. Jika dilihat sekilas pulau ini memang mirip dengan padang pasir. Tapi jangan salah JB’ers, meski hanya ada hamparan pasir saja, tapi pemandangan yang ditawarkan Gili Pasir bisa membuat kamu betah dan tak mau pulang. Coba saja bayangkan birunya laut yang jernih berpadu dengan birunya lautan dengan awan-awan putih yang berada di atasnya membuat pesona Gili Pasir bak lukisan dalam kanvas. Tak heran jika banyak orang yang datang ke sini hanya untuk menikmati pemandangannya saja dan mengabadikannya melalui jepretan kamera.

Liburan ke Gili Pasir (@justdewa_)

Walaupun jernihnya air laut sangat menggoda, tapi kamu tak disarankan untuk melakukan aktivitas atau kegiatan air seperti berenang dan snorkeling ya di sini karena ternyata di sekitar Gili Pasir ini ada bulu babi dan bintang lautnya loh. Jadi agak berbahaya jika sampai tubuh kamu terkena bulu babi atau menginjak bintang laut. Jenis bintang laut yang bisa kamu temukan di sini sangat beragam jenis serta bentuknya. Kamu bisa berfoto dengan bintang laut-bintang laut yang ada di sini, tapi jangan sekali-kali mencoba untuk membawanya pulang ya karena nanti kamu akan dikenakan sangsi tegas dari pihak pengelola.

Bintang Laut yang Ada di Gili Pasir (@alankoeswara)

Buat JB’ers yang ingin datang ke sini, kamu bisa memulai perjalanan dari kota Mataram ke Pelabuhan Tanjung Luar menggunakan mobil dengan perjalanan sekitar 2,5 jam lamanya. Dari sini, kamu bisa berjalan kaki selama kurang lebih 20-30 menit melalui jembatan pasir yang membentuk sebuah jalan setapak sejauh 1,5 km. Tapi jika jembatan pasirnya tak terlihat karena air laut sedang pasang, maka kamu bisa naik perahu nelayan selama kurang lebih 15 menit untuk sampai di Gili Pasir.

Liburan ke Gili Pasir (@adoniramadhans)

Foto-foto di atas bikin kamu kepengen berlibur ke sana khan JB’ers? Jika ingin bepergian ke Gili Pasir, usahakan untuk mencaritahu waktu pasang dan surut dengan bertanya kepada pihak travel atau pengelola setempat karena sayang-sayang  kalau kamu sudah jauh-jauh datang tapi tak bisa melihat Gili Pasir karena air laut sedang pasang. Selamat berlibur ya JB’ers! (jow)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...