Artis Indonesia (Fotor)

Ulang tahun adalah momen dimana umur seseorang bertambah satu tahun. Momen ulang tahun itu biasanya dirayakan dengan suka cita, seperti misalnya mengadakan pesta ultah. Namun beda halnya dengan artis-artis ini. Meskipun bergelimang harta, mereka tak menggunakan hartanya itu untuk berpesta mewah merayakan ultah mereka. Justru mereka melakukan hal yang patut dipuji oleh JB’ers, yaitu dengan melakukan kegiatan sosial. Siapa saja mereka? Berikut kelima artisnya.

1. Raisa

Raisa (Okezone)

Raisa yang kini telah menjadi istri dari Hamish Daud merayakan ulang tahunnya tiap tanggal 6 Juni. Sehari sebelum ulang tahunnya, ia membuat pengumuman di Instagram-nya untuk mengajak para fansnya mendonasikan uang untuk dibelikan 1.000 buku yang dikirim ke Biak. “Jadi aku mau ngajak semuanya utk ngirim buku, sepatu & seragam untuk temen2 di Biak. Kalo mau ngasih aku ‘kado’, berupa donasi, masuk aja ke kitabisa.com/ultahraisa,” tulisnya di Instagram. Dalam sehari, dari target Rp 27 juta, ternyata Raisa berhasil mengumpulkan uang hingga Rp 30 juta.

2. Tatjana Saphira

Tatjana Saphira (Kompas)

Bulan Mei, Tatjana Saphira meminta hadiah ulang tahun dari fansnya dalam bentuk donasi uang untuk Kemal. “Di hari ulang tahunku kemarin, aku memilih untuk memaknainya dengan melakukan sesuatu yang berbeda. Aku mempersembahkan hari ulang tahunku untuk adik Kemal, seorang pahlawan kecil pejuang tumor otak. Kemal sudah berjuang sejak dua tahun terakhir. Ayah Kemal bekerja sebagai petugas cleaning service sementara ibunya adalah ibu rumah tangga yang meluangkan seluruh waktunya untuk mengurus Kemal,” tulis pacar Herjunot Ali ini. Dari target Rp 15 juta, Tatjana Saphira lewat Kita Bisa berhasil mengumpulkan Rp 20,5 juta untuk Kemal.

3. Vidi Aldiano

Vidi Aldiano (Dream)

Pada ulang tahunnya tanggal 29 Maret lalu, ia mengajak para fansnya untuk mendonasikan uang buat Misbah, bocah siswa kelas 4 SD asal Yogyakarta yang mengalami keterbatasan ekonomi. Aksi Vidi ini pun disambut baik oleh fansnya. Dari target Rp 16,2 juta, ia berhasil mengumpulkan uang Rp 16,67 juta dalam sekejap.

4. Billy Syahputra

Billy Syahputra (Pojoksatu)

Pada ulang tahunnya ke-25 pada 2016 lalu, ia mengadakan pengajian dengan mengundang anak-anak yatim piatu dari Bogor, Kebon Jeruk, dan Cipinang. Ia juga mengundang fansnya dan fans Olga Syahputra. “Ini momen kebahagiaan, tanggal lahir Bang Billy harus dirayakan dengan anak yatim. Jadi mau berbagi dengan orang-orang sekitar,” kata Billy saat itu.

5. Sarwendah

Sarwendah (Okezone)

Istri Ruben Onsu ini memang dikenal sosok yang low profile. Ia bahkan tak sungkan untuk mengekspos diri saat mengenakan daster di rumahnya ketika mengurus sang anak. Untuk urusan ulang tahunnya yang ke-27, 29 Agustus 2016 lalu, mantan personel Cherrybelle ini memilih berbagi dengan anak-anak yang sedang melawan kanker di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI).

Gimana? Inspiratif kan? Daripada uang JB’ers dipakai untuk sesuatu yang tak perlu, kamu bisa contoh mereka untuk merayakan hari ulang tahun kamu untuk kegiatan yang lebih positif. (tom)