Tidur saat kuliah (Rehuelinaray)

Sudah menjadi tugas seorang mahasiswa untuk menghadiri perkuliahan. Namun tentu saja menghadiri perkuliahan tak semudah yang dibayangkan. Salah satu cobaan yang paling berat adalah kelas yang membosankan dan bisa bikin kamu ngantuk. Daripada kena marah dosen atau menanggung malu karena ketiduran di kelas, JB’ers bisa coba tips-tips berikut ini agar tetap terjaga selama kuliah.

1. Duduk tegak tanpa sandaran

Duduk tegak (Tribunnews)

Siapa yang bisa menahan kantuk ketika ruangannya ber-AC, dan tempat duduknya nyaman? Duduk di kursi dengan bersandar dan kaki yang terjulur lurus ke depan adalah resep paling cepat untuk terlelap. Kamu bisa mencegahnya dengan cara duduk tegak. Dengan begini, napasmu bisa lebih lancar, tubuhmu juga bisa menjadi lebih segar. Kamu pun akan terhindar dari godaan untuk tertidur di dalam kelas.

2. Memijat pelipis mata

Pijat mata (22motomoto)

Cara lainnya adalah dengan memijat bagian pelipis mata secara searah dengan alis mata. Tekan secara hati-hati dan ulang berkali-kali. Selain itu, kamu juga bisa pijat telapak tangan antara ibu jari dan telunjuk tangan. Pijatan ini bisa meningkatkan stamina dan membuatmu tetap membuka mata, dan kamu pun bisa memperhatikan pelajaran dari sang dosen.

3. Tarik napas dalam-dalam sebanyak 3 kali

Ilustrasi tarik napas (Luengie1131)

Rasa kantuk bisa terjadi karena minimnya oksigen yang mengalir ke otak. Salah satu penyebabnya mungkin kamu kelelahan atau asupan nutrisimu kurang. Karena kamu nggak bisa makan atau tidur di kelas, cobalah untuk menyiasati kekurangan oksigen ini dengan menarik napas dalam-dalam. Caranya, ambil napas panjang dari hidung, tahan 5 detik lalu hembuskan lewat mulut secara maksimal. Lakukan sebanyak 3 kali. Dengan ini, kadar oksigen dalam darahmu akan meningkat.

4. Mengoleskan minyak kayu putih di pelipis mata

Minyak kayu putih (YouTube)

Hanya dengan mengolesi minyak kayu putih pada bagian kening atau pelipis matamu, maka matamu yang sayu bisa segera menghilang. Rasa panas dan aroma segar minyak ini akan memberikan sensasi menyegarkan dan tak semangat yang berlipat. Jadi, matamu tak lagi redup dan menjadi lebih hidup.

5. Siapkan permen mint

Permen mint (Freegreatpicture)

Agar rasa kantuk tak lagi jadi bencana untuk nilai kuliah, cobalah kamu atasi dengan makan permen seperti permen mint. Rasa mint ini bisa memberikan rasa segar dan mendongkrak mood mu menjadi lebih baik. Dengan begitu, kamu bisa tetap fokus sepanjang kuliah dan mencerna semua materi dengan semangat yang membara.

Semoga tips di atas bisa membantu JB’ers yang suka ngantuk saat sedang kuliah. (tom)