Penyanyi Indonesia (Fotor)

Di samping penyanyi-penyanyi yang memang sudah profesional di dalam dunia musik, Indonesia masih memiliki penyanyi berbakat lainnya yang masih belum muncul ke permukaan. Bahkan, penyanyi yang belum terkenal itu sudah memiliki prestasi bergengsi tingkat dunia. Jika JB’ers penasaran, berikut adalah 5 penyanyi Indonesia yang sukses raih prestasi dalam ajang pencarian bakat dunia.

1. Sandhy Sondoro

Kamu mungkin sudah mengenal sosok Sandhy ini, karena memang dia merupakan salah satu penyanyi terkenal di Indonesia. Pada tahun 2009, dia sempat mengikuti ajang New Wave 2009 di Latvia. Ajang tersebut merupakan kompetisi berskala internasional terbuka bagi penyanyi pop muda berbakat seluruh dunia. Sandhy merupakan perwakilan orang Indonesia pertama juga ASEAN yang mengikuti kompetisi ini. Lebih keren lagi, dia berhasil merebut juara pertama bersama dengan Jamala peserta dari Ukraina. Sandhy mendapatkan nilai sempurna 120/120 dari para juri dalam ajang tersebut.

2. Fatimah Zahratunnisa

Fatimah merupakan mahasiswi sastra Jepang Universitas Padjajaran. Dia mengikuti ajang Nodojiman The World (NTW), sebuah kontes menyanyi dengan bahasa Jepang yang diselenggarakan oleh Nippon Television (NTV). Pada NTW ke-13, Fatimah berhasil keluar sebagai pemenang. Dalam ajang itu, Fatimah menyanyikan lagu “Blue Bird” dari band Ikimonogakari, yang juga merupakan OST dari anime “Naruto”. Fatimah juga sukses mengalahkan 12 finalis lain yang berasal dari Amerika Serikat, Brazil, Jerman, Prancis, Italia, Kuba, Swedia, serta Chili.

3. Dinda Septryani

Dinda berhasil meraih penghargaan Most Charismatic Performer pada kompetisi bernama Discovery yang diadakan di kota Varna, Bulgaria pada tanggal 20 hingga 22 Mei 2016 lalu. Dinda rupanya juga merupakan seorang diplomat muda di Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia. Di tengah kesibukannya mengabdi pada negara, Dinda masih menyempatkan diri untuk tetap berkarya di dunia seni. Pada penghujung 2013, dia merilis mini album bertajuk “Rahasia” yang juga turut ia tampilkan dalam kompetisi di Bulgaria tersebut.

4. Bernadeta Astari

Bernadeta merupakan salah satu kontestan dalam ajang Dutch Classical Talent 2012. Pencapaiannya memenangkan kompetisi tersebut membawanya menjadi orang Indonesia pertama yang tampil di panggung Royal Concertgebouw, gedung konser di Amsterdam yang disebut sebagai “Kuil Musik Klasik” di Belanda. Bernadeta sendiri memperoleh gelar S1 di Universitas Utrecht Belanda jurusan vokal klasik pada tahun 2010, kemudian melanjutkan pendidikan S2 di kampus yang sama dan lulus 2 tahun setelahnya. Tak heran jika dia sangat mumpuni dalam menyanyi. Aksi Bernadeta bersama dengan pianis asal Jepang bernama Kanako Inoue bisa kamu lihat pada video di atas. Karena durasi video yang panjang, kamu bisa langsung menuju ke waktu 1:36:00 untuk melihat aksi Bernadeta.

5. Millane Fernandez

Millane adalah adik kandung dari VJ MTV Nino Fernandez yang memang keduanya sudah aktif menghiasi panggung hiburan Indonesia. Tahun 2014, Millane merupakan salah satu juri dari “Rising Star Indonesia”, kompetisi bernyanyi di sebuah stasiun TV swasta Indonesia. Tahun 2015, Millane mengikuti ajang New Wave 2015 yang saat itu diadakan di Rusia. Millane berhasil menjadi juara dua dengan selisih hanya 2 poin dari Damir Kedzo asal Kroasia yang menjadi juara pertama. Dalam ajang itu Millane membawakan lagu “Still Got The Blues” dari Gary Moore.

Mantap kan? Bisa jadi nantinya bakal lebih banyak lagi orang Indonesia yang bisa meraih penghargaan musik tingkat dunia. (tom)