5 Destinasi Wisata Indonesia yang Mendapat Gelar Terbaik Dunia


Raja Ampat (Thesevenseas)

Sebelum mengunjungi wisata di luar negeri, masih banyak destinasi wisata Indonesia yang mungkin belum JB’ers kunjungi. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki ragam kekayaan alam dan budaya. Tempat wisata yang ada di Indonesia ini nggak kalah keren dari wisata luar negeri. Bahkan, ada beberapa destinasi wisata yang sudah diakui sebagai yang terbaik sedunia. Di mana saja? Berikut kelimanya.

1. Raja Ampat

Raja Ampat (Mustseeplaces)

Raja Ampat menurut situs CNN menjadi spot snorkeling dan diving terbaik di dunia. Penilaian dari CNN itu diambil berdasarkan pengamatan beberapa pakar kelautan yang menyebutkan tempat favorit mereka melakukan snorkeling. Para ahli menyebutkan sulit untuk menemukan tempat lain di dunia yang menyamai keindahan Raja Ampat. Di laut ini terdapat 75 persen spesies karang yang terkenal di dunia. Semuanya berkumpul menjadi oasis laut yang dihuni lebih dari seribu berbagai spesies ikan, penyu, hiu dan pari manta.

2. Nagari Pariangan

Nagari Pariangan (Minangtourism)

Nggak usah jauh-jauh ke Eropa untuk bisa melihat desa-desa indah. Di Indonesia ternyata juga punya desa indah, bahkan desa di Indonesia ini menjadi desa paling indah di dunia. Desa itu adalah Nagari Pariangan. Nagari Pariangan berlokasi di Tanah Datar, Sumatera Barat. Nagari di tanah Minangkabau ini ternyata dinobatkan sebagai salah satu desa paling indah di dunia akhir 2012. Desa Pariangan termasuk dalam daftar lima desa terindah di dunia versi Budget Travel disandingkan dengan empat desa lainnya yaitu Desa Wengen di Swiss, Eze di Prancis, Niagara on the Lake di Kanada, dan Cesky Krumlov di Ceko.

3. Desa Penglipuran

Desa Penglipuran (Whateverbackpacker)

Desa Penglipuran yang berlokasi di Bali ini dinobatkan sebagai desa terbersih sedunia. Penglipuran dikenal sebagai desa yang sangat bersih, indah dan masih terjaga kehidupan tradisionalnya. Ada sekitar 200 rumah bergaya tradisional di desa ini, yang berderet rapi di jalanan menanjak. Jalanan dibuat dari batu alam dan banyak tumbuh bunga warna-warni di sekitar desa. Motor dan mobil dilarang masuk ke desa ini sehingga Penglipuran bebas dari polusi udara.

4. Pulau Giliyang

Pulau Giliyang (Wisatasenibudaya)

Polusi udara memang menjadi permasalahan di berbagai kota penjuru dunia. Namun siapa sangka jika Indonesia memiliki destinasi wisata dengan kualitas udara terbaik di dunia? Tempat itu adalah Pulau Giliyang, yang secara administratif berada di wilayah kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh BLH atau Badan Lingkungan Hidup Sumenep, kandungan oksigen yang ada di Pulau Giliyang berada di atas rata-rata daerah lainnya. Kandungan oksigen di daerah ini cukup tinggi, yaitu mencapai kadar 21 persen. Kadar oksigen yang tinggi membuat masyarakatnya lebih sehat dibandingkan dengan masyarakat daerah lain.

5. Sumba Barat

Nihiwatu Sumba (Kompas)

Di Pulau Sumba, tepatnya Sumba Barat, terdapat hotel yang dinilai terbaik sedunia, yaitu Nihiwatu Sumba. Menurut Travel+Leisure, majalah wisata bergengsi yang berbasis di Amerika Serikat, hotel ini dinilai terbaik karena lingkungan alam yang masih asri dengan hutan dan pantai perawan berombak besar, sehingga cocok bagi para peselancar. Satu hal yang membuat Nihiwatu Sumba berbeda dengan akomodasi dunia lainnya, Nihiwatu Sumba mengajak tamu yang menginap di resor untuk berguna bagi orang lain. Tiap tamu yang menginap akan ditayangkan film pendek mengenai Sumba Foundation, organisasi yang membantu komunitas lokal Sumba.

Itulah 5 destinasi wisata di Indonesia yang mendapat gelar terbaik di dunia. Sudahkah JB’ers kunjungi semuanya? (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak