Ingin Kuliah ke Luar Negeri? Ini 5 Negara dengan Biaya Kuliah Termurah


sumber : secure.collegeincolorado.org

Setuju nggak sih JB’ers kalau kuliah di luar negeri merupakan impian semua orang? Apalagi fasilitas dan kualitas kuliah di sana sangat menjamin. Tapi kebanyakan orang mimpinya terhambat untuk kuliah di luar negeri karena tidak memiliki biaya. Duh, sayang banget ya!

Meski ada juga beberapa orangtua yang rela mengeluarkan biaya mahal untuk anaknya kuliah di luar negeri yang mahal sekalipun. Tentunya harapan dari sang orangtua biaya yang sudah dikeluarkan akan sebanding dengan kualitas mahasiswa yang bagus nantinya, dan anaknya akan sukses.

Tapi JB’ers kamu tahu nggak sih kalau ternyata ada lho beberapa universitas dari beberapa negara memiliki kampus yang bertaraf internasional dengan biaya kuliahnya yang cenderung murah. Penasaran nggak ada apa aja? Tenang aja karena Jadiberita sudah merangkum beberapa negara yang biaya kuliahnya cenderung murah.

 

1. Malaysia

sumber: pixabay.com

Negara tetangga kita ini ternyata ada universitas dengan biaya yang cenderung murah. Negara Malaysia juga sudah terkenal sebagai negara yang biaya kuliahnya murah. Nggak Cuma biaya kuliahnya aja tetapi biaya hidup di sana juga murah lho, nggak jauh beda sama biaya hidup di Indonesia. Kemungkinan dalam setahun biaya hidup kamu sekitar US$ 3.000 atau sekitar Rp 40.000.000 aja per tahun. Sama saja Rp 3,3 juta sebulan yap.

Untuk biaya kuliah di Malaysia juga nggak terlalu jauh berbeda, sekitar US$ 4.000 atau sekitar Rp 54.000.000 per tahun (Rp 4,5 juta per bulan) untuk kamu bisa meraih gelar sarjana kamu. Hebatnya lagi, universitas-universitas di Malaysia ini sudah banyak terafiliasi dengan universitas-universitas di dunia juga. Nah negara ini nggak ada salahnya kan untuk kamu coba JB’ers? Udah deket, biayanya juga cenderung murah lagi.

 

2. Polandia

sumber: pxhere.com

Selain Malaysia, ternyata Polandia juga dikenal sebagai tempat terbaik untuk melanjutkan studi. Biaya kuliah di sana juga salah satu yang paling murah dibandingkan dengan negara Eropa lainnya. Biaya kuliah di Polandia tidak jauh berbeda dengan Malaysia, di Polandia untuk kamu bisa menempuh studi master dalam kelas internasional kamu perlu mengeluarkan biaya US$ 3.000 atau sekitar Rp 40.000.000.

Tapi JB’ers karena Polandia merupakan negara Eropa Tengah dia memiliki biaya hidup yang relatif mahal. Kemungkinan kalau kamu kuliah di sana kamu butuh US$ 7.800 atau sekitar Rp 105.000.000 dalam setahun untuk biaya hidup di negara ini. Kalau dihitung-hitung dalam sebulan kamu perlu uang Rp 8.750.000, JB’ers.

 

3. Argentina

sumber: kuoni.co.uk

Siapa yang nggak kenal pemain bola ternama Lionel Messi? Ternyata negara asalnya ini punya beberapa universitas yang bagus lho. Walaupun universitas nya bagus dapat dibilang biayanya tidak terlalu mahal. Biasanya mahasiswa/i yang ingin meraih gelar master nya ataupun doktoral, biaya yang dibutuhkan sekitar US$ 5.000 atau sekitar Rp 67.000.000.

Permasalah biaya hidup di Argentina kalau dihitung-hitung biayanya tidak jauh beda dengan biaya kuliahnya. Kemungkinan untuk biaya hidup kamu di negeri ini sekitar US$ 5.000 atau sekitar Rp 67.000.000 dalam setahun. Menurut kamu gimana nih JB’ers, cocok nggak Argentina menjadi list negara yang biaya kuliahnya murah?

 

4. India

sumber: mypinpad.com

Negara ini tidak hanya terkenal oleh Bollywood-nya saja tetapi juga terbukti ramah untuk pendidikan. Lalu buat kamu yang nyari tempat kuliah yang memiliki suasananya mirip dengan Indonesia, kamu bisa nih kuliah di India. Negara India memiliki penduduk yang banyak hampir sama dengan Indonesia, maka dari itu suasananya mirip dengan di Indonesia.

Biaya kuliah di India sendiri US$ 7.300 atau sekitar Rp 98.000.000  untuk setiap universitas dan untuk biaya hidupnya sendiri sekitar US$ 5.000 atau sekitar Rp 67.000.000. Hampir sama ya JB’ers dengan Argentina.

 

5. Prancis

sumber: pexels.com

Negara romantis ini memang sudah dikenal sebagai negara yang memiliki universitas yang bisa diacungi jempol nih. Selain universitas nya jempolan, biaya kuliahnya juga tergolong yang termurah. Rata-rata biaya kuliah sarjana hanya US$ 200 atau sekitar 2.000.000 pertahun, sedangkan untuk kuliah master rata-rata seharga US$ 280 atau sekitar 3.000.000 per tahun. Wow, murah banget ya JB’ers, bahkan lebih murah dari Polandia. Kalau dihitung-hitung sih kamu cukup mengeluarkan uang Rp 160.000 sampai Rp 250.000 perbulannya untuk kuliah kamu. Tapi karena Prancis dan Polandia sama-sama tergolong dari negara Eropa biaya hidup di negara ini tergolong mahal.

Itu dia 5 negara yang sudah dirangkum oleh Jadiberita. Eits jangan berasumsi harga kuliahnya mahal dulu karena melihat nominal yang gede-gede. Coba kamu bagi dulu selama 12 bulan, kira-kira berapa biaya kuliah yang harus kamu keluarkan dalam perbulan. Jadi bagaimana nih impian kamu untuk kuliah di luar negeri nggak akan terhambat kan dengan membaca artikel ini, kan? Selamat berjuang, JB’ers!

(rei)

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak