Food truck (Dzulfikaralala)

Bagi generasi milenial, beberapa sudah tak ingin lagi bekerja sebagai karyawan kantor, dan lebih memilih untuk membuka bisnis sendiri alias berwiraswasta. Bisnis yang kini makin marak adalah kuliner, karena yang namanya makanan atau minuman sudah pasti dicari dan manusia tak bisa hidup tanpa makanan atau minuman. Nah, jika JB’ers ingin membuka bisnis kuliner, berikut ada 5 ide bisnis kuliner yang cocok buat anak muda.

1. Kopi kekinian

Kopi (Pixabay)

Sekarang sedang banyak warung atau kafe yang menyediakan menu kopi, mulai dari kopi biasa hingga kopi yang terbilang unik, seperti misalnya kopi dengan nitrogen. Kamu bisa mulai dari kedai kecil-kecilan atau angkringan yang menyediakan berbagai jenis minuman kopi. Sediakan juga makanan pendukungnya seperti roti atau gorengan. Kamu bisa mulai dengan bereksperimen dari berbagai jenis kopi nusantara sampai minuman kopi yang lagi hits, yaitu es kopi susu.

2. Roti bakar

Roti bakar (Pixabay)

Roti bakar bisa dibilang camilan yang cocok untuk semua lidah orang Indonesia. Kamu bisa manfaatkan hal tersebut dengan membuka usaha kedai roti bakar. Tentu saja roti bakar yang kamu sediakan disesuaikan dengan kondisi sekarang. Misalnya dengan menambahkan beberapa pilihan topping yang menarik dan kemasan yang unik. Kalau sudah mulai maju, kamu bisa mengkreasikan produk roti bakarmu dengan menu camilan lainnya misalnya pisang bakar.

3. Minuman dingin

Minuman dingin (Pxhere)

Kamu pasti pernah mencicipi minuman dingin yang lagi hits dan kekinian semacam milk tea dengn topping bubble? Nah, karena konsumennya banyak dan memulai usaha ini nggak mahal, kamu bisa juga berbisnis minuman dingin. Bisa yang bentuknya cup dengan beraneka topping atau minuman dingin dalam botolan yang lucu. Semakin bervariasi rasa minuman dan toppingnya, makin banyak yang akan tertarik untuk mencoba minuman buatan kamu.

4. Burger

Burger (Pxhere)

Makanan yang satu ini memang selalu jadi makanan favorit dari masa ke masa. Makanan ini juga tak mengenal usia, karena dari muda sampai tua bisa memakannya. Tak hanya karena pembuatannya yang mudah, tapi juga karena makanan ini bisa dibilang pas untuk mengganjal perut. Kamu bisa juga coba usaha burger dan sejenisnya, seperti hot dog, mini pizza, kebab, dan corndog yang terbilang nggak sulit. Makanan ini bisa kamu jual dengan sistem pre-order atau kamu jual langsung di kedai kecil.

5. Sushi

Sushi (Pixabay)

Sushi merupakan makanan asal Jepang, yang biasanya terdiri dari nasi dengan topping bervariasi, seperti daging ikan atau telur ikan. Kamu bisa membuka usaha makanan Jepang, dalam hal ini sushi, yang bisa kamu kreasikan isinya, tak harus sesuai aslinya yang tentu mengharuskan kamu untuk memiliki modal lumayan besar. Mungkin di awal kamu bisa pakai bahan-bahan yang harganya terjangkau seperti sosis, telur, atau nugget ayam. Sekarang bikin sushi juga makin mudah karena alatnya tersedia di pasaran.

Usaha dan bisnis di bidang kuliner memang nggak ada habisnya. Kamu bisa memulai bisnis apapun asalkan memiliki rencana yang matang dan semangat dalam berbisnis. Jadi, mana yang akan JB’ers pilih dari kelima ide bisnis di atas? (tom)