Ilustrasi kerja (Pixabay)

Dalam menulis CV untuk melamar pekerjaan, kebanyakan orang menyarankan untuk tak mencantumkan hobi dalam CV. Padahal, dalam kenyataannya mencantumkan hobi justru bisa membuat CV buatan JB’ers terlihat menarik, plus kamu bisa mendapatkan peluang lebih besar untuk diterima kerja. Dilansir dari Business Insider, Kamis (19/10/2017), perusahaan besar seperti Google lebih tertarik untuk melihat kehidupan pribadimu, termasuk hobi, dibandingkan pengalaman kerja. Nah, berikut adalah 5 hobi yang bisa kamu cantumkan dalam CV agar mudah diterima kerja.

1. Nge-Blog

Ilustrasi blogger (Flickr)

Salah satu hobi yang memiliki daya tarik tersendiri adalah menulis di situs kamu sendiri alias nge-blog. Bagi kamu yang akan mencari kerja di bidang komunikasi atau marketing, kalau kamu aktif menulis blog milikmu, kamu akan punya nilai plus. Blog yang update dan berisikan konten-konten positif akan mencerminkan bahwa kamu adalah orang yang berwawasan luas dan mampu membangun personal image and brand. Makanya hobi blogging boleh banget ditulis di CV.

2. Yoga

Yoga (Flickr)

Orang yang gemar beryoga cenderung memiliki kemampuan untuk menahan diri dan tetap tenang. Alyssa Gelbard seorang konsultan karier, menyatakan bahwa kamu akan terlihat lebih menarik dengan menuliskan hobi yoga di CV untuk pekerjaan di PR Agency, maupun di periklanan. Hal ini karena kamu dapat tetap tenang dan bisa mengontrol diri walau berada di bawah tekanan lingkungan pekerjaan yang sangat sibuk. Pas banget nih untuk kamu yang lagi cari kerja di bidang dengan potensi stres tinggi dan sibuk seperti media, agensi periklanan, atau sebagai public relation.

3. Fotografi

Ilustrasi fotografer (Pxhere)

Kemampuan membidik objek di balik kamera bisa banget menjadi nilai jual kalau kamu tulis di CV. Orang yang hobi fotografi dinilai sebagai orang yang sabar, kreatif, dan pandai dalam menyesuaikan diri. Apalagi kalau kamu tujuannya ingin bekerja pada profesi digital marketing, art director, atau di industri kreatif. Kamu bisa memajang portofoliomu di akun Instagram sebagai galeri virtual.

4. Musik

Main gitar (Thevocket)

Kamu yang hobi dan pandai main musik boleh banget menuliskan hobimu itu di CV. Kebiasaan bermain musik membuatmu terlatih untuk fokus, kreatif, berdedikasi dan disiplin. Kalau kamu menguasai alat musik seperti gitar, biola, saksofon, dan piano kamu akan terlihat lebih menonjol dibandingkan kandidat lain, karena tak semua orang bisa memainkan alat musik jika tak latihan dengan serius untuk bisa.

5. Olahraga ekstrem

Motocross (Pixabay)

Bagi kamu yang hobi olahraga ekstrem, nggak perlu malu-malu untuk menuliskannya di CV kamu. Kamu bisa menulis hobi arung jeram, panjat tebing, menyelam, paralayang, hingga balap sepeda gunung. Dengan menuliskan olahraga esktrem pada kolom hobi, kamu akan dinilai merupakan orang yang jago memperhitungkan resiko dan meminimalisirnya, pemberani serta disiplin. Hobi ini cocok untuk kamu yang ingin bekerja di perusahaan besar atau start-up sekalipun.

Jadi, kalau kamu lihat-lihat lagi, hobi yang paling menjual adalah hobi dengan kemampuan khusus yang nggak bisa dimiliki oleh sembarang orang. Yang paling penting, JB’ers harus jujur dalam menulis CV kamu, jangan mengarang-ngarang hobi dengan tujuan kamu bisa diterima kerja. (tom/rei)