Hujan (Pixabay)

Sepertinya kita sudah mulai kembali memasuki musim hujan. Pasalnya, beberapa hari ini turun hujan yang cukup deras, sehingga ada kawasan di Jakarta atau daerah lainnya yang tergenang banjir. Bicara tentang hujan, banyak yang berkata jika air hujan membawa penyakit, sehingga JB’ers disarankan untuk mandi jika kehujanan. Ternyata, hujan atau air hujan juga memiliki manfaat buat kesehatan kamu. Berikut ini 5 manfaatnya seperti dilansir dari Boldsky, Jumat (20/10/2017).

1. Mengisi paru-paru dengan udara segar

Ilustrasi udara segar (Pixabay)

Sebuah studi menunjukkan bahwa udara saat hujan lebih sehat untuk dihirup. Sebelum hujan mulai, udara menjadi segar dan bersih. Curah hujan akan menggeser racun di udara bersama debu dan polutan lainnya. Pada sebagian orang juga ada yang menyukai aroma tanah basah karena hujan. Ketika itu muncul, maka hormon endorfin atau hormon kebahagiaan akan muncul dan hal tersebut akan mempengaruhi mood kamu menjadi lebih baik.

2. Mencegah dehidrasi tubuh

Ilustrasi tubuh sehat (Pexels)

Satu studi mengatakan bahwa air hujan ternyata dapat dikonsumsi alias diminum. Tapi dengan catatan jika dikumpulkan dalam wadah bersih dan air hujan itu langsung berasal dari langit tanpa menyentuh permukaan atau lapisan udara yang terpolusi. Dengan meminum air hujan, air ini akan menghidrasi tubuh kamu layaknya air mineral.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ilustrasi tubuh kebal (Pixabay)

Kelembaban di udara yang mengikuti cuaca hujan sangat baik bagi kulitmu. Ketika tingkat kelembaban lebih tinggi, virus tertentu yang ada di udara tidak akan mengancam kamu dan itu juga yang membuat sistem imun semakin kuat untuk menyerang bakteri atau virus penyakit, sehingga kamu tak gampang sakit. Hal ini berbeda dengan kepercayaan banyak orang bahwa hujan malah bikin sakit.

4. Aroma hujan bisa bikin tenang

Ilustrasi aroma hujan (Pixabay)

Beberapa orang bisa merasa lebih bahagia saat mencium bau hujan. Mengapa demikian? Ilmuwan menyebut aroma khas tersebut sebagai ‘petrichor’ hujan. Aroma tersebut berasal dari beberapa bahan kimia yang dilepaskan bakteri tanah sesaat hujan mulai turun. Tanaman juga cenderung melepaskan zat tertentu yang menyumbang aroma menenangkan tersebut. Jadi, jangan takut untuk dekat dengan hujan.

5. Meningkatkan fungsi pencernaan

Ilustrasi pencernaan baik (Pixabay)

Peneliti percaya bahwa air hujan bersifat alkali atau basa. Ketika terserap dalam tubuh, sifat alkali ini bisa mendetoksifikasi dan meningkatkan fungsi pencernaan. Air alkali juga bisa menyeimbangkan pH darah, sehingga mengurangi kadar asam dalam tubuh.

Nah, ternyata hujan juga memiliki beberapa manfaat kan? Kini kamu tak perlu lagi khawatir jika kehujanan, tentu dalam porsi wajar, karena ternyata air hujan bermanfaat untuk kamu sendiri. Setelah mengetahui ini, JB’ers jangan malah sengaja hujan-hujanan dalam waktu yang lama yah, karena bukan manfaat yang didapat, melainkan penyakit yang datang. (tom)