Nonton Film Indie di Kinosaurus (manual.co.id)

Kamu termasuk penggemar film indie? Film indie atau film indipenden merupakan film yang dibuat secara mandiri alias tidak dibuat di studio film besar. Film indie tidak dipasarkan secara masal sehingga hanya bisa ditonton di bioskop atau tempat-tempat tertentu. Film indie menghadirkan unsur-unsur cinematografi serta tema cerita yang menarik sehingga bisa menyetuh hati penontonnya. Tak jarang ada film indie yang berhasil meraih penghargaan di luar negeri, contohnya saja film Ziarah yang meraih penghargaan sebagai Best Screenplay dan Special Jury Award dalam AIFFA (ASEAN International Film Festival and Award) tahun 2017. Kesuksesan banyaknya film indie ini membuat kita penasaran seperti apa sih film-filmnya. Nah, buat JB’ers yang kepengen nonton film indie tapi bingung mau nonton di mana, JadiBerita punya lima rekomendasi bioskop di Jakarta dan sekitarnya ini buat kamu nonton film indie bersama pasangan, sahabat dan keluarga. Yuk, lihat!

1. Kinosaurus

Nonton Film Indie di Kinosaurus (@kinosaurusjakarta)

Bioskop yang terletak di Jalan Kemang Raya 8B ini merupakan bioskop mini yang sangat terkenal di kalangan para penggemar film indie. Bioskop ini memiliki ruangan dengan suasana yang nyaman dengan sofa dan meja layaknya kafe. Daya tampung penontonnya sekitar 30 orang saja dan kamu bisa bebas duduk di mana saja. Untuk film yang diputar tak hanya film indie saja, tapi juga film lawas atau legendaris, hingga film dokumenter. Biaya yang perlu kamu keluarkan hanya Rp 50.000 saja untuk satu pemutaran film. Kinosaurus hanya buka setiap jumat, sabtu, dan minggu mulai dari pukul 10.00-22.00. Buat yang kepengen tahu jadwal-jadwal pemutaran film di Kinosaurus, kamu bisa melihat postingan melalui instagram resmi mereka di @kinosaurusjakarta.

2. Kineforum

Nonton Film Indie di Kineforum (@riyadhusshalihin)

Kineforum merupakan bioskop pertama di Jakarta yang menyediakan tempat untuk nonton sekaligus berdiskusi film sehingga banyak didatangi oleh para sineas perfilman. Kineforum ini memutar banyak ragam film, mulai dari film indie, film dokumenter, film klasik, hingga film kontemporer dari dalam maupun luar negeri. Di bioskop ini kamu hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 20.000 untuk donasi saja karena sebenarnya Kineforum dibiayai oleh Dewan Kesenian Jakarta (DKJ). Berhubung ruangannya bioskop ini tidak terlalu besar. Maka kapasitas penontonnya hanya 45 orang saja. Kineforum yang terletak di Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya 73 ini buka setiap hari mulai dari pukul 12.00-21.00. Jika ingin tahu jadwal pemutaran film, kamu bisa melihatnya di @kineforum.

3. Pavilium 28

Nonton Film Indie di Paviliun 28 (@paviliun_28

Pavilium 28 tak hanya terkenal sebagai tempat yang sering mengadakan pertunjukan indie band, tapi juga bioskop mininya di mana kamu bisa menonton aneka film kesukaanmu seperti film indie. Terletak di Jalan Petogogan I No.25, Gandaria Utara-Kebayoran Baru, bioskop mini ini terkesan lebih private sehingga cocok untuk menonton film bersama teman dekat dan keluarga. Kapasitas ruangannya hanya 40 orang dengan biaya yang harus dikeluarkan per orang adalah Rp 40.000. Kamu juga bisa membawa film sendiri yang ingin diputar. Pavilium 28 buka setiap harinya mulai pukul 16.00-00.00. Jika ingin melihat jadwal pemutaran film-filmnya, kamu bisa lihat di @pavilium_28.

4. Subtitles

Nonton Film Indie di Subtitles (@subtitlesgroup)

Bioskop yang konon memiliki koleksi lebih dari 4.000 koleksi DVD original ini tak luput dari daftar bioskop kekinian yang juga menayangkan film indie. Subtitles memiliki enam studio mini yang masing-masingnya memuat penonton mulai dari 4-5 orang hingga 8-11 orang. Berhubung fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap, maka untuk dapat menikmati film yang diputar di sini, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp 175.000. Subtitles terletak di Dharmawangsa Square, Basement Floor No 29-30, Jalan Dharmawangsa IV-IX, Kebayoran Baru. Bioskop mini ini buka pada hari Senin-Kamis mulai dari pukul 10.00-21.00. Sedangkan pada hari Jumat-Minggu mulai pukul 10.00-00.00. Untuk mengetahui info lengkapnya, kamu bisa memfollow IG resminya @subtitlesgroup.

5. Cine Space

Nonton Film Indie di Cine Space (@sefiiin)

Terakhir ada Cine Space yang letaknya tak jauh dari Jakarta, yakni di Jalan Scientia Boulevard Gading Serpong Blok GF 01, Tangerang. Di sini kamu tak hanya bisa menikmati film indie, film internasional, film dari sutradara ternama, tapi juga film-film karya anak mahasiswa. Bioskop ini juga menyediakan ruangan khusus buat kamu yang ingin berdiskusi tentang film. Untuk harga yang harus kamu bayar untuk menonton satu filmnya sekitar Rp 20.000-Rp 50.000. Cine Space buka setiap Senin-Jumat mulai pukul 16.00-21.00 dan Sabtu-Minggu pada pukul 13.00-21.00. Untuk tahu jadwal lengkap pemutaran filmnya, kamu bisa follow IG @cine_space.

Sekarang JB’ers sudah nggak galau lagi khan ingin menonton film indie di mana.

(rei)