Lulus kuliah (Gotoagile)

Setiap mahasiswa pasti berharap mendapat pekerjaan dengan mudah ketika lulus kuliah. Bahkan, tidak sedikit pula dari mereka berlomba-lomba untuk mulai bekerja sejak memasuki semester akhir. Tidak ada yang salah dengan itu karena lapangan kerja yang minim tidak berbanding lurus dengan banyaknya lulusan yang ada setiap tahunnya. Dengan demikian, para mahasiswa berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam rangka memenangkan persaingan menuju dunia kerja.

Nah, JB’ers kamu harus tahu kalau rupanya perjalanan kamu saat masa kuliah akan berpengaruh dalam mendapatkan pekerjaan ketika kamu lulus nanti. Untuk itu, Jadiberita sudah rangkum cara yang wajib kamu lakukan agar ketika lulus langsung dengan mudah mendapat pekerjaan. Yuk simak!

1. bangun dan perkuat jaringan saat kuliah agar memudahkan kamu mendapatkan kerja!

Perbanyak Koneksi (i.huffpost.com)

Networking atau jaringan merupakan hal yang wajib kamu miliki jika ingin mudah terjun ke dunia kerja. Bangun koneksi dengan perbanyak teman yang nantinya akan berguna ketika kamu lulus. Kamu harus belajar memiliki jaringan yang luas dan baik sejak menduduki masa kuliah. Sebab, jaringan akan membantu ketika kamu berada dalam kesulitan. Kamu juga bisa belajar banyak hal yang nantinya akan berguna untuk dunia kerja kamu kelak.

2. ikut organisasi atau perkumpulan yang membuat kamu termotivasi untuk mencapai pekerjaan yang kamu idamkan!

Ilustrasi organisasi kampus (Vistaeducation)

Bergabung dan aktif di kegiatan organisasi mahasiswa akan memberikan kemudahan bagi kamu menuju kesuksesan. Sebab dalam berorganisasi kamu akan mengasah keterampilan ekstra personal, keterampilan manajerial, kemampuan negosiasi, kemampuan berkomunikasi, termasuk juga menambah teman atau koneksi yang berguna untuk profesionalisme kamu di dunia kerja. Kamu yang terbiasa berorganisasi sejak masih menjadi mahasiswa pun akan dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru terutama kerjaan yang akan kamu geluti kelak. Setelah lulus kamu pun akan berkecenderungan untuk mencari kegiataan positif untuk mengembangkan diri dan mengarah pada karier profesional.

3. tunjukkan kemampuan kamu dengan memiliki portofolio tentang karya yang pernah kamu buat

Karya Terdokumentasikan di Portofolio (carlystonedesign.weebly.com)

Supaya saat melamar kerja kamu terlihat profesional, coba kamu tunjukkan dengan portofolio yang kamu miliki saat kuliah. Nah, untuk itu coba perbanyak karya kamu dari sekarang. Portofolio bisa berupa apa saja yang nantinya bisa bermanfaat sebagai bukti penguat nyata kemampuan seseorang dalam hal-hal tertentu. Portofolio bisa kamu dapatkan dari prestasi di bidang kompetisi-kompetisi akademik atau kemampuan non akademik lainnya. Semua jenis portofolio ini akan menjadi pertimbangan perusahaan tujuan dalam merekrut calon karyawan yang akan bergabung pada tim profesional. Terlebih jika kemampuanmu berkaitan dengan posisi yang kamu lamar pada perusahaan tersebut. Akan tetapi, lebih baik memang sejalan ya JB’ers!

4. jangan abaikan hobi kamu, bisa jadi itu passion sebenarya yang kamu miliki

Setiap orang tentu memiliki kesukaan tertentu atau hobi yang kerap dilakukan untuk mengisi waktu luang atau menyegarkan pikiran. Mulai sekarang, jangan anggap remeh hobimu itu, tekuni dan kembangkan lebih jauh agar bisa diarahkan menjadi sumber penghasilan. Banyak orang sukses yang memanfaatkan hobi sebagai ladang pekerjaannya. Misalnya saja, jika kamu menyeriusi hobi menulismu, bisa jadi kelak kamu akan menjadi seorang penulis sebagai karier yang dijalani. Atau, berawal dari hobi jalan-jalan, kamu bisa kembangkan menjadi bisnis agen travel yang menghasilkan. Yang pasti, kamu bisa mendapatkan rupiah dengan melakukan hal yang kamu sukai.

5. perkaya cV kamu dengan pengalaman selain dunia kampus, bisa coba freelance

CV (Waktuku)

Memiliki portofolio berbanding lurus dengan CV yang nantinya akan kamu miliki. Kamu bisa menambahkan pengalaman-pengalaman tersebut di dalamnya. Jika saat ini kamu masih memiliki sedikit pengalaman, yuk perbanyak mulai sekarang. Kamu bisa mengikuti lomba atau kompetisi, freelance pekerjaan yang kamu idamkan serta magang ditempat-tempat sesuai dengan kerjaan yang ingin kamu geluti.

Nah, gimana JB’ers? Kamu sudah melakukan semua itu selama menjadi mahasiswa? Kalau belum, yuk coba ikutin yang JadiBerita sudah jelaskan di atas. Dijamin kamu akan dengan mudah mendapatkan pekerjaan deh JB’ers!

(rei)