Galang (Bolasport)

Jika ditanya soal siapa pembalap motor terbaik, kebanyakan mungkin menjawabnya dengan Valentino Rossi, atau Marc Marquez. Memang mereka berdua adalah pembalap motor berbakat, yang sudah menjuarai berbagai kejuaraan dunia. Namun selain mereka berdua, rupanya ada satu pembalap motor berbakat asal Indonesia. Dia adalah Galang Hendra.

Galang, yang bernama lengkap Galang Hendra Pratama, adalah seorang pembalap Yamaha Indonesia. Dia membuktikan kepada dunia bahwa orang Indonesia mampu menjuarai seri terakhir World Supersport 300 (WSSP300) 2017 di Sirkuit Jerez, Spanyol, yang diadakan hari Minggu kemarin.

Galang (Sindonews)

Pencapaian ini tergolong mengejutkan karena Galang tampil di ajang WSSP300 2017 sebagai pebalap wild card untuk tim MOTOXRACING. Selain sukses menjuarai World Supersport 300 (WSSP300) 2017, Galang juga menjadi orang Indonesia pertama yang sukses menjuarai ajang balap tingkat dunia. Membanggakan!

Dalam balapan sebanyak 11 lap, ia tampil begitu impresif dan mampu merepotkan barisan pembalap muda Eropa. Start kedelapan, Galang melesat naik pada posisi kelima. Satu lap berikutnya, Galang menyerang para rivalnya dan bahkan sempat menempati posisi kedua, usai menyalip Daniel Valle dan Marc Garcia.

Tiga lap kemudian, Galang di posisi ketiga. Meski kemudian turun pada posisi keenam, pembalap asal Yogyakarta itu mampu menempel ketat para pembalap di depannya. Ia juga terus mempertahankan posisi enam besar.

Galang (Goodnewsfromindonesia)

Empat lap terakhir, Galang semakin merepotkan para pembalap Eropa. Ia sendiri tampil sangat tenang, dengan tetap berada pada lima besar, dan membayangi kuat rival-rivalnya.

Lap terakhir, Galang menyerang dan merebut posisi teratas. Sempat kehilangan posisi, tapi tepat di garis finis, ia mampu membalas pembalap Belanda, Scott Deroue. Galang pun finis pertama dengan keunggulan 0,026 detik.

Dan menyusul raihan podium tertinggi di Jerez, pembalap binaan Yamaha Indonesia ini berada pada peringkat ke-14 dengan torehan 25 poin dalam klasemen akhir WorldSSP300.

“Galang Hendra  merupakan contoh luar biasa akan komitmen Yamaha untuk mengembangkan pembalap berbakat di seluruh dunia,” ucap perwakilan dari Yamaha Motor Eropa, dalam pernyataannya yang dikutip dari Yamaha-racing.com.

Galang (Pertamax7)

Di balap ini, Galang Hendra turun menggunakan motor Yamaha YZF-R3, saudara kembar YZF-R25 yang dipasarkan di Eropa dengan kapasitas mesin lebih besar. “Tadi saat balapan saya cuma yakin saja bisa menyalip lawan-lawan,” kata Galang dikutip dari Bolasportcom. “Waktu lap terakhir saya masih di urutan ke-2. Kemudian saya coba salip lawan pada tikungan akhir,” tutur pemuda 18 tahun asal Yogyakarta itu.

Buat JB’ers yang penasaran dengan aksi Galang saat lap terakhir, bisa tonton video berikut ini.

Keren kan aksi Galang menyalip lawannya pada saat-saat terakhir? Semoga Galang bisa kembali berprestasi di waktu-waktu mendatang. (tom)