Ilustrasi aplikasi smartphone (Pixabay)

Selama ini smartphone hanya dianggap alat untuk berkomunikasi atau bermain. Bahkan ada juga yang memakai smartphone untuk sekadar selfie. Daripada JB’ers memakai smartphone untuk hal yang belum tentu berguna, lebih baik smartphone kamu itu dipakai untuk membantu proses belajar kamu, sehingga kamu bisa tambah pintar. Caranya adalah dengan meng-install aplikasi-aplikasi berikut ini.

1. KelasKita

Aplikasi KelasKita (Kelaskita)

Aplikasi ini menawarkan pilihan belajar online di mana saja dan kapan saja. Fitur unik dari aplikasi Android ini adalah fitur sosial, di mana kamu bisa berinteraksi dengan pengguna lain sehingga belajar kamu semakin menyenangkan. Selain itu, aplikasi KelasKita juga memiliki fitur-fitur menarik lainnya, yaitu fitur kampus (untuk membuat sebuah kelompok belajar umum atau privat), tambahan penghasilan (membuat kelas berbayar pribadi), sertifikat digital (setelah kamu berhasil menyelesaikan suatu kelas), serta instruktur dan partner yang berasal dari beberapa lembaga pendidikan terpercaya. Aplikasi ini sendiri adalah karya dari Ali Kusnadi alias Bang Ali. Dia merupakan programmer berbakat lulusan IAIN Cirebon.

2. Ruangguru

Ruangguru (Techinasia)

Pada aplikasi Ruangguru ini kamu bisa meminta bantuan dengan meng-upload pertanyaan yang kamu anggap susah dengan smartphone kamu. Saat ini, aplikasi belajar online Ruangguru hanya dapat membantu menjawab pertanyaan mata pelajaran matematika dan fisika untuk tingkat SD, SMP, SMA. Fitur unggulan lainnya adalah kamu bisa menggunakan audio call untuk berdiskusi langsung dengan guru kamu. Ruangguru sendiri merupakan startup pendidikan yang digagas oleh Iman Usman. Uniknya, Iman mendapatkan inspirasi untuk membuat startup ini dari novel dan film “Harry Potter”. Dari “Harry Potter”, Iman belajar nilai persahabatan, keberanian, dan kemauan untuk belajar.

3. Kelase

Aplikasi Kelase (Google Play)

Berdiri sejak Maret 2013 di bawah bendera PT. Edukasi 101, Kelase diinisiasikan oleh Brimy Laksmana sebagai founder dan direktur utama serta Winastwan Gora selaku direktur riset dan pengembangan. Kelase merupakan layanan jejaring sosial dan sebuah lingkungan belajar online yang aman untuk insitusi pendidikan baik formal (SD, SMP, SMA, SMK, Akademi, Sekolah Tinggi, dan Universitas) maupun non-formal (lembaga kursus, bimbingan belajar, dan penyelenggara home schooling). Bahkan Kelase dapat diakses dari berbagai macam perangkat baik itu PC maupun perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Tujuan diciptakannya Kelase adalah menyediakan ruang belajar yang mengedepankan aspek sosial dan kolaborasi, pengalaman belajar yang kaya, mempermudah tata kelola proses pendidikan, pemantauan perkembangan proses pembelajaran, serta menjembatani komunikasi antar guru, siswa, dan orangtua.

4. Bahaso

Bahaso (Techinasia)

Ingin pintar bahasa Inggris tanpa harus les? Kamu bisa memakai aplikasi Bahaso ini. Bahaso adalah aplikasi ciptaan Tyovan Ari Widagdo, lulusan Computer Science BINUS University. Bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Bahaso menyediakan materi yang atraktif, dari mulai tingkat pemula hingga tingkat lanjut. Bahaso hadir dengan platform yang mudah digunakan bagi siapapun. Dalam setiap sub-levelnya, Bahaso menyajikan bukan hanya pengenalan bahasa, melainkan juga tes mendengarkan dan tes menulis, yang hadir di setiap materi pembelajaran. Melalui media teks, audio, dan video, materi-materi yang disajikan Bahaso beragam dan mudah diikuti siapapun, seperti ungkapan perkenalan, mengeja nama, penampilan, kata sapaan, pekerjaan, dan masih banyak lagi.

5. Ezdu

Ezdu (Goodnewsfromindonesia)

Ezdu dapat menghubungkan siswa ke tutor supaya siswa dapat belajar kapan dan di mana saja dengan fasilitas dan materi yang lengkap sesuai dengan kurikulum pendidikan yang berlaku di Indonesia. Nantinya, siswa-siswa di kota besar dapat membeli aplikasi ini sehingga mendapatkan akses penuh ke semua materi pembelajaran dalam bentuk video. Selain itu para siswa juga akan mendapatkan koneksi ke tutor sesuai dengan mata pelajaran yang diinginkan. Maka dari itu, Ezdu dilengkapi dengan fitur chat, telpon, dan video call (skype). Ezdu merupakan aplikasi karya mahasiswa UGM. Mereka adalah Fury Oktria Putra (Teknik Industri), Elok Pitaloka (Teknik Industri) serta Damar Adi Prabowo (Ilmu Komputer).

JB’ers mau tambah pintar? Langsung saja install aplikasi-aplikasi di atas. (tom)