(Dokumentasi Gerakan Banten Mengajar)

Kegiatan perkuliahan memang terkadang sangat menyibukkan, ditambah lagi tak jarang yang juga menghabiskan uang. Banyak mungkin dari JBers yang ingin sekali bisa menghasilkan uang tambahan agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dan bisa dilihat mandiri oleh orangtua, namun selalu merasa kesulitan. Untuk mengatasi hal ini, JBers bisa memulai dengan membagi waktu dengan cermat. Dengan begitu, kamu pasti bisa menemukan celah waku ataupun ide untuk bekerja atau berkreasi. Berikut 5 pekerjaan yang bisa kamu lakukan sewaktu kuliah.

 

1. Menulis

Ilustrasi menulis (Pexels.com)

Buat JBers yang suka menghabiskan waktu untuk menulis, jangan sia-siakan karya kalian hanya didalam buku. Mulailah membuat Blog untuk sekedar me-review suatu barang, film, restoran, fashion, atau sebagainya. Jika Blog kamu bagus, tak menutup kemungkinan kamu akan di endorse oleh sebuah brand untuk me-review produk mereka. Bahkan, kamu bisa menyalurkannya ke beberapa media. Jika artikel mu terpilih untuk ditampilkan, kamu pasti akan mendapatkan uang. Mudah bukan?

 

2. Memasak

Ilustrasi Memasak (pexels.com)

Makanan merupakan salah satu bisnis jasa yang paling menjamin, karena tidak ada orang yang tidak makan bukan? Kamu bisa memulai dari lingkungan kampus atau kantormu. Pada saat weekend, kamu sebarkan ke teman temanmu bahwa kamu akan menjual makanan pada saat masuk kerja atau kuliah nanti. Lalu agar cepat laris, sediakan menu yang berbeda. Kamu bisa beli dari orang lain jika tidak bisa masak. Salah satu contohnya adalah @Shafood_Jkt, catering rumahan ini milik anak kuliahan loh dan sekarang sudah supply makanan ke banyak event dan perusahaan.

 

3. Fotografi dan Membuat Video

Ilustrasi fotografi (Pexels.com)

Jika kemampuan memotret kamu sudah baik, kamu bisa menerima orderan motret untuk preweeding, personal photoshoot, atau mungkin brand photoshoot. Jika memang hasil memotret mu memuaskan, tidak menutup kemungkinan setiap weekend kamu akan dibanjiri job. Apalagi, sekarang hasil fotomu bisa dipajang di social media seperti Instagram & Facebook, pasti akan lebih mudah untuk kamu menyebarkan hasil karyamu, dan kamu lebih mudah dijangkau orang. Coba cek @goforbobs atau @nielshepherd deh sebagai rekomendasi kamu.

Akhir 2016 hingga 2017 ini, anak millenials sedang diramaikan dengan Youtubers. Ya, sekarang siapa saja bisa jadi produser, presenter, actor, penyanyi, tanpa perlu sulit sulit casting atau audisi. Cukup dengan membuat satu akun di Youtube dan buatlah konten yang sedang hype, maka kamu akan langsung dikenal dan mendapatkan banyak followers. Banyaknya followers itulah yang bisa membuat kamu mendapatkan uang. Selain kamu akan dibayar oleh Youtube (jika video mu benar benar bernilai) atau kamu akan mendapatkan tawaran endorsement dari perusahaan. Mudah dan bisa kamu lakukan dengan kamera apa saja! Coba deh, pasti ketagihan.

 

4. Online Shop

onlineshop

Nah kalo ini JBers, merupakan bisnis yang sudah berjalan sejak lama. Dengan membuka online shop, kamu tidak perlu selalu memiliki barang yang kamu punya, tapi kamu bisa beli dari orang lain. Selain itu, online shop bisa kamu lakukan sekarang hanya melalui HP saja. Tidak berat, tidak memakan ongkos pula. Namun, harus diperlukan ketelitian dan ketekunan. Online shop jika ditekuni dengan baik, bisa menghasilkan omset ratusan juta per tahun, apalagi jika barang kamu unik.

 

5. Mengajar Bimbel

Kegiatan belajar mengajar Program Gerakan Banten Mengajar (Dokumentasi Gerakan Banten Mengajar)

Bagi kamu yang butuh pekerjaan yang waktunya bisa menyesuaikan waktu kuliah, menjadi guru bimbel adalah solusinya. Dengan pekerjaan ini, selain kamu bisa beramal berbagi ilmu, dapat honor, kamu juga bisa memilih waktu mengajar yang pas. Dengan menjadi guru bimbel, sebenarnya kamu juga bisa sekalian dapat ilmu baru kan. Karena sesungguhnya, dengan mengajar itu justru ilmunya bertambah, bukan berkurang.

Nah, sebenernya mudah kan untuk mencari penghasilan di tengah kesibukan. Hal–hal di atas tidak selalu memerlukan waktu yang lama kok, asal kamu niat dan mau meluangkan waktu. Percaya deh, usaha nggak akan membohongi hasil kok! Selamat berusaha, JBers!

(rei)