WhatsApp (Bgr)

Bisa dibilang WhatsApp adalah rajanya pesan instan saat ini. Hal itu terbukti dari banyaknya pengguna aplikasi chat ini, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Jika dulu WhatsApp hanya dipakai untuk chat, maka kini WhatsApp memiliki fitur-fitur baru yang tentunya cukup berguna buat JB’ers. Apa saja? Berikut 5 fitur terbaru WhatsApp.

1. Mengirim dokumen

Kirim dokumen lewat WhatsApp (Telset)

Sepertinya WhatsApp sadar benar kalau layanannya tak sebatas digunakan untuk percakapan biasa. Tak sedikit orang yang juga menggunakan WhatsApp untuk mengkomunasikan pekerjaaan. Sehingga hadirnya pengiriman dokumen diyakini sebagai keputusan yang tepat. Selain itu WhatsApp juga tak terlalu membatasi ukuran dokumen yang bisa dikirim melalui layanannya. Platform pesan instan ini bisa dibilang membebaskan penggunanya untuk mengirimkan dokumen besar sampai 100 MB, sehingga pengguna tak perlu repot-repot lagi mengirimkannya via email.

2. Kustomisasi pesan teks

Kustomisasi teks WhatsApp (Twitter)

Dengan menambahkan simbol tertentu pengguna akan bisa menebalkan pesan teks yang akan dikirim, atau membuatnya miring, atau dicoret tengahnya. Caranya cukup mudah, misal ada kata yang ingin ditebalkan pengguna hanya perlu menambahkan simbol * di depan dan belakang kata. Sementara untuk memiringkan atau memberi coretan di tengah kata, pengguna bisa menambahkan simbol _ dan ~ di awal dan akhir kata. Misalnya kata ‘pesan’, jika ingin dicetak tebal, maka kamu harus mengetik *pesan*. Untuk memiringkan, ketik _pesan_, dan untuk memberi coretan maka ketik ~pesan~.

3. Status video ala Instagram Stories

Status video WhatsApp (Techcrunch)

Fitur menarik lainnya yang disodorkan WhatsApp bagi penggunanya adalah status ala Instagram Stories. Jadi kalau sebelumnya pengguna WhatsApp cuma bisa ganti-ganti status di akun WhatsApp miliknya, sekarang pengguna bisa menggunakan gambar atau bahkan video. Ketika pertama kali dirilis, banyak pengguna WhatsApp yang antusias menjajak fitur ini sehingga tab status di aplikasi WhatsApp kerap dipenuhi berbagai video singkat penggunanya.

4. Live location

Live Location WhatsApp (Antond)

Fitur ini pertama kali hadir di Telegram, sementara WhatsApp baru menyusul beberapa hari setelahnya. Tapi karena popularitas WhatsApp yang lebih besar, fitur live location langsung disambut heboh sesaat setelah peluncurannya. Menggunakan live location pengguna tak lagi hanya bisa berbagi lokasinya, tapi benar-benar bisa mengajak lawan bicara untuk memantau pergerakan pengguna melalui peta. Menariknya lagi, live location juga bisa dilakukan di dalam grup.

5. Menghapus pesan terkirim

Fitur hapus pesan terkirim (Jawapos)

Fitur ini pertama kali dimiliki oleh BlackBerry Messenger alias BBM dengan nama Retract. Jadi pengguna bisa menarik kembali pesan yang terlanjur dikirimkannya ke lawan bicara. Caranya mudah, sama seperti ketika pengguna ingin menghapus pesan. Bedanya ketika ikon delete ditekan pengguna akan dihadapkan pilihan ‘Delete for me’ dan ‘Delete for Everyone’. Pilih ‘Delete for everyone’ untuk menghapus pesan dari layar percakapan kita dan lawan bicara.

Itulah 5 fitur terbaru WhatsApp yang bisa kamu gunakan. Mana yang sering JB’ers gunakan dari 5 fitur itu? (tom)