Bagi-bagi kupon hadiah sepeda (Merdeka)

Operasi Zebra mungkin menjadi momok bagi pengguna jalan yang sering melanggar lalu lintas. Biasanya pula, operasi ini dilakukan dengan serius. Namun, ada yang unik dalam penyelenggaraan Operasi Zebra 2017 di Mojokerto.

Mungkin hanya di wilayah ini satu-satunya pengendara bisa mendapat hadiah jika terkena razia polisi. Ya, di Kabupaten Mojokerto, polisi bakal mengundi 5 unit sepeda gunung selama masa Operasi Zebra 2017. Syaratnya juga cukup mudah. Pengendara cukup mematuhi peraturan berlalu lintas selama Operasi Zebra Semeru 2017 yang digelar selama 1-14 November 2017.

Terobosan ini, merupakan gagasan baru supaya pengendara bisa menjadi lebih tertib sehingga dapat menekan angka pelanggaran saat berlalu lintas. “Jadi tidak perlu takut, jika pengendara telah lengkap dan tidak ada sedikitpun pelanggaran maka ia berhak mendapatkan satu kupon undian dari kami,” kata Kapolres Kabupaten Mojokerto AKBP Leonardus Simarmata, seperti dikutip dari Tribunnewscom, Kamis (2/11/2017).

Operasi Zebra di Mojokerto (Merdeka)

“Kupon yang diberikan akan diundi pada akhir pelaksanaan Operasi Zebra. Bagi pengendara yang tertib akan mendapatkan hadiah berupa sepeda gunung, ada 5 unit,” lanjutnya.

Adapun untuk sasaran utama dalam Operasi Zebra kali ini meliputi, pengendara yang melawan arus, penggunaan rotator, sirine, strobo dan nopol yang tak sesuai aturan. Dan jika ketahuan melanggar, maka akan dilakukan penegakan hukum di tempat.

Sementara itu, Kasatlantas Polreskab Mojokerto AKP Nopta Histaris Suzan menambahkan, kupon diberikan kepada pengendara yang terbukti tertib setelah melalui pemeriksaan petugas. Dengan harapan pemberian kupon ini dapat meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

“Namanya tilang berhadiah. Ini sebagai bentuk stimulus pengendara agar lebih sadar tertib berlalu lintas,” katanya.

Operasi Zebra di Mojokerto (Merdeka)

Operasi Zebra ini, tambah Nopta, diharapkan bisa meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. “Juga untuk menekan fatalitas kecelakaan,” tandasnya.

Nah, jika JB’ers kebetulan berada di daerah Mojokerto, ada baiknya kamu tertib lalu lintas. Selain kamu bisa aman berlalu lintas, siapa tahu kamu bisa dapat sepeda gunung. Lumayan kan, gratis pula. (tom)