Ikuti 5 Tips Sederhana Ini Agar Kamu Bebas dari Jeratan UU ITE


Ilustrasi terjerat UU ITE (Locita)

UU ITE atau Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) belakangan ini banyak diperbincangkan, terutama setelah ada yang menjadi tersangka karena membuat dan menyebarkan meme tentang Setya Novanto. Agar kamu terbebas dari jeratan UU ITE, ada baiknya kamu melakukan 5 tips sederhana ini.

1. Jangan posting atau komentar saat kamu emosi

Ilustrasi emosi (Jogjaupdate)

Teknologi internet saat ini tengah menyatu dalam jiwa masyarakat Indonesia. Sebaiknya gunakan internet dengan cara yang bijaksana. Hindari membuat postingan ataupun memberikan komentar saat kamu lagi emosi entah itu marah, sedih, ketakutan sampai terlalu gembira. Ada baiknya kalau kamu tidak terlalu sering curhat via sosial media.

2. Hindari pembicaraan bertema SARA

No SARA (Beritasatu)

Hal yang satu ini sangat sensitif karena menyangkut orang banyak. Bisa jadi hal yang menurut kamu menarik, malah bisa membuat orang lain tersinggung. Banyak artis juga yang tanpa sengaja terbawa dalam masalah SARA ini, contohnya Cita Citata dan Bella Shofie.

3. Jaga perkataan

Jaga lisan (Mynvwm)

Ini nih yang sering kelepasan saat bicara. Etika dan sopan santun harus sangat dijaga ketika kamu di dunia maya. Pilih kata-kata yang enak dibaca dan dicerna. Walaupun Indonesia merupakan negara yang bebas bukan berarti kamu bebas untuk melakukan apapun semau kamu.

4. Ingat bahwa dunia maya sama dengan dunia nyata

Ilustrasi dipantau saat internetan (Selipan)

Kamu harus sadar sepenuhnya kalau dunia maya itu tidak jauh beda dengan dunia nyata, dimana kamu tidak boleh asal ngomong dan membuat orang lain tersinggung. Ingatlah jika kamu asal ngomong, hal itu akan membuat kamu terkena masalah. Walaupun kita tidak bisa melihat ataupun kontak fisik secara langsung namun keberadaan kita tetap bisa terlacak.

5. Belajar dari pengalaman

Quote belajar dari pengalaman (Selipan)

UU ITE yang saat ini tengah digencarkan telah menjerat beberapa pelaku pelanggaran dan langsung diproses secara hukum. Nah kamu harus belajar banyak dari situ supaya tidak jatuh terjerat dalam lubang yang sama.

Itulah beberapa tips yang bakalan berguna bagi JB’ers agar terhindar dari jeratan UU ITE. Jangan sampai kamu juga jadi berurusan dengan hukum gara-gara status atau postingan kamu di medsos. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak