Wisuda (Pixabay)

Lulus lebih cepat memang menjadi idaman semua mahasiswa, namun apa daya karena terlalu sibuk dengan UKM dan kegiatan lainnya tak sedikit mahasiswa yang lulus lebih lama daripada angkatannya. Namun jangan minder, karena kamu yang lulus lebih lama ternyata memiliki keuntungan dibandingkan dengan teman kamu yang lulusnya cepat. Apa saja keuntungannya?

1. Dapat pengalaman lebih banyak

Ilustrasi mahasiswa (Okezone)

Mahasiswa yang lulus lebih lama tentunya memiliki pengalaman yang lebih, seperti jadi panitia, UKM, pengalaman bekerja, dan juga pengalaman sosial. Dengan begitu pengalaman itu akan berguna bagi kalian di dunia kerja. Jadi kalau lulus belum waktunya, ingatlah bahwa pengalaman yang kamu dapatkan itu bakal berguna di kemudian hari.

2. Memiliki lebih banyak skill

Ilustrasi mahasiswa (Wikimedia)

Mereka yang lulus lebih lama biasanya mengikuti kegiatan seperti UKM dan terlalu sibuk karenanya. Namun, mereka justru punya skill yang lebih mumpuni dibanding yang cepet lulus. Pasalnya, mereka lebih fokus mengembangkan skill mereka. Selain itu kamu juga bisa bangga karena bisa punya pengalaman kerja sebelum kamu lulus.

3. Punya kesempatan membangun relasi

Ilustrasi membangun relasi (Pxhere)

Karena kamu lulusnya belakangan, tentu saja kamu bisa memiliki lebih banyak waktu. Dan itu bisa kamu manfaatkan untuk membangun relasi. Kamu bisa bertemu dengan adik kelas atau junior kamu, dan memiliki kenalan dari organisasi yang kalian ikuti. Dengan begitu kalian akan memiliki relasi dan bukan tak mungkin relasi kamu itu akan berguna di dunia kerja nantinya.

4. Lebih tahu mau apa setelah lulus

Lulus (Pxhere)

Banyak mahasiswa yang setelah lulus bingung harus ngapain, padahal mereka lulusnya cepat. Hal ini berbeda buat kamu yang lulusnya belakangan. Kamu bisa merencanakan apa yang kalian lakukan sebelum kalian lulus, jadi ketika lulus nanti kamu tak perlu bingung lagi harus ngapain karena sebelumnya sudah merencanakannya. Intinya kamu jadi lebih siap daripada teman-temanmu yang lulus duluan.

5. Lebih menghargai proses

Kuliah (Grid)

Kamu lulus belakangan, tertinggal oleh teman-temanmu seangkatan. Hal itu tidak selalu merugikan, tapi kamu akan menjadi orang yang lebih menghargai proses daripada hasil akhir. Selama proses itu, banyak ilmu yang bisa kamu dapatkan, yang tak bisa didapat oleh orang yang hanya memikirkan hasil akhirnya saja.

Itulah 5 pengalaman yang bisa kalian dapatkan jika kalian telat lulus kuliah. Tapi jangan juga setelah membaca artikel ini kamu jadi sengaja untuk lulus lebih lama, karena hal itu bisa jadi membebankan orangtua kamu. (tom)