Wawancara (Pxhere)

Momen melamar kerja memang selalu sukses bikin deg-degan, terutama pada saat wawancara. Meskipun kamu memiliki performa maksimal saat tes tertulis, bisa jadi kamu malah gagal saat wawancara. Bisa jadi karena apa yang kamu katakan bikin pewawancara ilfeel dan mengurungkan niat meloloskanmu menjadi pekerjanya. Berikut ini adalah kata-kata yang haram diucapkan saat wawancara, sehingga kamu gagal diterima kerja.

1. “Bos saya yang dulu itu…”

Wawancara (Pixabay)

Jangan pernah sekalipun mengungkit kisah pilu di tempat kerjamu yang lama, apalagi menyangkut personal. Hal ini justru akan bikin pewawancara merasa khawatir bahwa kamu akan melakukan hal yang sama terhadap mereka suatu saat kamu resign dari kantornya tersebut. Kamu cukup berikan alasan yang berisikan antara kamu dan pekerjaan yang kamu incar.

2. “Saya sih mau coba aja dulu…”

Wawancara (Pixabay)

Bila mengucapkan kalimat ini, kamu akan terlihat nggak serius dalam melamar pekerjaan tersebut. Jika ditanya tentang apa alasanmu melamar di tempat tersebut, kamu bisa ungkap hal-hal positif yang sudah terlebih dulu kamu cari sebelum wawancara. Meskipun sebenarnya kamu memang iseng coba-coba mengirim CV dan nggak nyangka bakalan dipanggil wawancara, tapi kalimat ini bakal bikin ilfeel pihak perusahaan.

3. “Saya nggak tahu…”

Wawancara (Pixabay)

Meskipun memang kamu nggak tahu tentang segala hal, tapi mengucapkan kalimat ini akan bikin kamu terlihat malas dalam mencari tahu. Kalau kamu benar-benar nggak tahu, akan lebih baik kalau kamu mengatakan, “Saya belum tahu dan saya tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut”. Kalimat tersebut lebih terdengar sopan dan nggak bikin kamu terlihat cuek.

4. “Saya nggak bisa…”

Wawancara (Pixabay)

Beberapa perusahaan memang suka memberikan kejutan saat interview. Misalnya kamu baru tahu bahwa kalau nantinya ada job description yang belum kamu kuasai. Jangan langsung berkata “saya nggak bisa,” tapi katakanlah “Sebenarnya saya belum memiliki keahlian tersebut, tapi saya bersedia untuk belajar dan menerima tantangan baru”. Kalimat itu terdengar lebih enak didengar oleh pewawancara, dan menganggap kamu penyuka tantangan.

5. “Saya nggak ada pertanyaan…”

Wawancara (Pixabay)

Biasanya di akhir interview pewawancara akan bertanya apakah ada pertanyaan yang ingin kamu ajukan. Manfaatkan kesempatan emas ini untuk bertanya, jangan hanya diam atau mengatakan kalimat jebakan, “Saya nggak ada pertanyaan”. Lebih parah lagi jika kamu menjawabnya hanya dengan menggelengkan kepala. Kamu bisa bertanya bagaimana proses setelah wawancara, jenjang karier selama bekerja di sana, atau ada pendidikan dulu sebelum mulai bekerja.

Itulah kata-kata yang haram diucapkan saat interview kerja. Jangan sampai terucap di lidah JB’ers semua ya. (tom)