Palu pengadilan (Pixabay)

JB’ers punya blog atau website? Jika punya, kamu pasti menyadari betapa pentingnya elemen gambar. Karena selain konten yang unik, original, dan judul yang menarik, gambar juga menentukan minat pengunjung untuk membaca artikel kamu atau pergi meninggalkannya.

Sebenarnya sudah banyak aplikasi yang menyediakan gambar gratis yang bisa kalian gunakan sesuai keperluan. Tetapi, pasti ada saja masalah seperti kalian tidak bisa menemukan gambar yang cocok pada aplikasi tersebut, sehingga pilihan pasti jatuh pada pencarian gambar via Google. Agar kamu tak terkena pelanggaran hak cipta, berikut adalah cara aman mencari gambar di Google.

1. Buka Google

Google Image (Google)

Pastinya pertama kamu harus membuka situs Google terlebih dulu, dalam hal ini Google Image. Sudah? Kini kita ke langkah berikutnya.

2. Klik setelan

Penelusuran lanjutan (Google)

Setelah membuka situs Google Image, kamu bisa cari gambar yang kamu mau. Dalam contoh di atas, yang dicari adalah gambar handphone. Setelah muncul hasilnya, kamu bisa klik setelan, dan pilih penelusuran lanjutan.

3. Pilih hak penggunaan

Pilihan hak penggunaan (Google)

Di situ terdapat banyak pengaturan tambahan, langsung saja scroll ke bagian bawah dan temukan bagian usage rights atau hak penggunaan. Klik bagian tersebut, maka akan muncul beberapa pilihan. Seperti bebas digunakan atau dibagikan, bebas digunakan atau dibagikan bahkan secara komersial. Pilih sesuai dengan kebutuhan kamu, lalu klik tombol penelusuran lanjutan di bawahnya yang berwarna biru. Maka gambar-gambar yang bisa kamu gunakan secara bebas dan legal akan muncul.

Hasil pencarian gambar bebas hak cipta (Google)

4. Pastikan lagi dengan TinEye

TinEye (Tineye)

Jika kamu ingin memastikan apakah gambar tersebut benar-benar boleh digunakan, kamu bisa melakukan pengecekan lebih lanjut melalui beberapa situs lain. Seperti situs TinEye, kamu tinggal masukkan gambar/URL gambar yang akan kamu gunakan. Setelah itu, TinEye akan memberikan informasi untuk memastikan Google benar menyediakan gambar yang bebas digunakan.

Itulah cara cari gambar legal di Google yang benar dan gratis. Gambar yang legal tentu bisa mengurangi resiko JB’ers terkena kasus plagiarisme. Jadi, jangan takut lagi untuk menggunakan gambar dari Google. Selamat mencoba! (tom)