Laskar Pelangi (Yukepo)

Siapa yang tak kenal dengan sosok Andrea Hirata? Andrea Hirata menelurkan sebuah karya fenomenal 12 tahun yang lalu berjudul “Laskar Pelangi”, yang memotret kehidupan anak-anak di Belitung dan menjadi awal dari karya-karya selanjutnya yang tak kalah menawan hati para pembaca. Setelah tetralogi “Laskar Pelangi”, Andrea Hirata juga menulis dwilogi “Padang Bulan” dan novel berjudul “Ayah”. Dari semua karyanya itu, berikut adalah 5 quotes yang bisa memotivasi kamu untuk jadi lebih baik.

1. “Dapat mengambil keputusan sendiri adalah kemerdekaan yang indah”

Ilustrasi merdeka (Pixabay)

Kutipan dari novel “Ayah” ini sangat cocok untuk kamu yang sulit berkata “tidak”. Kamu bisa coba untuk mulai bersikap asertif. Nggak ada salahnya jika kamu mementingkan diri kamu sendiri, daripada dimanfaatkan oleh orang yang nggak bertanggung jawab.

2. “Bolehlah kita ini miskin, bodoh, jelek, pesek, tapi janganlah kita berhenti sekolah”

Anak sekolah (Multimedia-smk2singosari)

Masih dari novel “Ayah”, kutipan ini menunjukkan bahwa tampang bukan masalah. Prestasi harus tetap nomor satu. Jangan pedulikan berita dengan headline “Cewek cantik ini…” dan sebagainya. Posisimu sama bahkan lebih tinggi kalau kamu berprestasi.

3. “Hidup dengan usaha adalah mata yang ditutup untuk memilih buah-buahan dalam keranjang. Buah apapun yang didapat, kita tetap mendapat buah”

Buah (Pixabay)

Artinya, memang terkadang hasil usaha kita lebih kecil dari apa yang diharapkan. Namun hal itu bukan menjadi masalah selama masih mendapatkan hasil, daripada tidak mendapat hasil sama sekali.

4. “Tanpa mimpi orang seperti kita akan mati”

Ilustrasi mimpi (Flickr)

Orang seperti kita yang dimaksud oleh Andrea Hirata dalam novel “Sang Pemimpi” ini adalah orang-orang yang tidak lahir di keluarga kaya raya, punya kedudukan, dan sebagainya. Dan kita bisa melihat kalau di Indonesia banyak sekali orang seperti kita. Orang-orang seperti kita harus punya mimpi supaya punya semangat untuk meraihnya.

5. “Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia”

Anak-anak SMA (Indonesianfilmcenter)

Masih berkaitan dengan kutipan sebelumnya dari novel “Sang Pemimpi”, Andrea Hirata menekankan bahwa cita-cita adalah salah satu hal yang dapat membuat kita tetap hidup. Dengan memiliki cita-cita, kita jadi memiliki arah dan tujuan.

Semoga quotes di atas bisa membuat JB’ers untuk bisa lebih semangat menjadi pribadi yang lebih baik. (tom)