Marvel Studios (Okezone)

Tak bisa dipungkiri, Marvel Studios merajai pasar Hollywood dalam melalui filmnya dalam 10 tahun terakhir. Dengan mengandalkan Marvel Cinematic Universe, Marvel terus mengalahkan franchise-franchise superhero lainnya di box office. Lalu apa rahasianya film-film superhero Marvel ini selalu laku keras dan ditunggu? Mungkin ini 5 rahasianya.

1. Tiap film punya keunikan

Groot mini (Twitter)

Salah satu komentar umum yang biasa ditemui pada film-film Marvel sebelum Avengers muncul adalah selalu berpegang kepada formula lama. Meski Marvel tak sepenuhnya meninggalkan formula suksesnya, mereka tak ragu untuk bereksperimen dengan film-film superheronya dengan genre yang berbeda-beda dan memberikan kebebasan kepada setiap sutradaranya untuk menunjukkan gayanya masing-masing. Sebut saja “Guardians of the Galaxy” dengan gaya komedinya, “Spider-Man: Homecoming” yang lebih mendekati anak-anak muda saat ini, dan Taika Waititi yang membawa film “Thor: Ragnarok” ke dalam ranah humor tanpa menghilangkan keseruan dari peperangan superheronya.

2. Mencoba Sutradara Muda

Spider-Man (Chronicle)

Kevin Feige, boss Marvel, tak memiliki keraguan sama sekali untuk menarik sutradara-sutradara muda ke dalam film superheronya. Taika Waititi, Jon Watts, dan James Gunn adalah para sutradara muda yang karyanya tak pernah menembus jutaan dollar di pasaran. Anehnya, perjudian yang dilakukan oleh Feige selama ini selalu berhasil. Dengan kebebasan yang diberikan olehnya, para sutradara muda ini mendapatkan ruang yang baik untuk berkembang menjadi seorang sutradara besar meski melalui film-film superhero.

3. Cara pemasaran baru

Thor vs Hulk (Screenrant)

Tiga film Marvel tahun ini, “Guardians of the Galaxy Vol.2”, “Spider-Man: Homecoming”, dan “Thor: Ragnarok” mampu menembus angka di atas USD 100 juta dalam pembukaannya. Hal ini membuktikan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan tepat. “Thor: Ragnarok”, sebagai contoh, tak ragu menampilkan pertempuran antara Thor dan Hulk dalam video trailernya. Selain itu, adegan-adegan lucu di dalam trailer menunjukan bahwa film ini akan menggunakan pendekatan komedi lebih banyak. Hal ini membuat para penonton penasaran, sehingga pasti akan menonton saat sudah dirilis di bioskop.

4. Tak langsung merilis sekuel

Thor (Today)

Meski memiliki film yang sukses, Marvel cenderung santai dalam menggarap sebuah sekuel. Marvel tidak langsung membuat keputusan untuk membuat sekuel sebuah superhero demi menggaet lebih banyak lagi penonton. Marvel justru lebih suka cara menyelipkan sebuah film baru sebelum akhirnya memberikan sekuel yang ditunggu-tunggu oleh penggemar. Strategi seperti ini justru efektif mengingat MCU memiliki banyak superhero untuk diangkat.

5. Infinity War Semakin Dekat

Black Panther (Notey)

Dengan semakin dekatnya film “Avengers: Infinity War”, para penonton pun tak ingin melewatkan setiap detil cerita yang ditawarkan, karena semua filmnya berhubungan satu sama lainnya. Oleh karena itu, para penonton selalu datang berbondong-bondong ke bioskop untuk menonton film Marvel meski film tersebut bukan superhero favorit mereka.

Itulah 5 rahasia film-film Marvel sehingga bisa laku keras. Bisa jadi nantinya film-film selain Marvel juga menggunakan strategi yang sama untuk meraih lebih banyak penonton. (tom)