Ilustrasi sukses (Pixabay)

Banyak yang bilang jika sukses adalah bisa memiliki kekayaan yang berlimpah. Padahal, ukuran sukses bukan cuma dari kekayaan. Lalu, dari mana ukuran sukses itu sendiri? Kamu bisa dibilang sukses jika dirimu menunjukkan 5 hal ini.

1. Punya Tuhan

Ilustrasi punya Tuhan (Pixabay)

Tanpa adanya Tuhan di hati kita, kita tak akan pernah merasa puas, karena sudah menjadi sifat manusia untuk tak pernah puas akan sesuatu. Dengan adanya Tuhan di hati kita, kita jadi bisa merasakan kebahagiaan yang hakiki, dan terus bersyukur. Bersyukur di sini maksudnya kamu tetap berusaha dan berdoa, namun kamu sadar hanya Tuhan yang berhak menentukan apakah kamu akan mendapatkan yang kamu inginkan atau tidak. Kemudian apapun hasil dari usahamu dan bagaimana jawaban Tuhan atas doa-doamu, kamu bisa menerimanya secara lapang dada.

2. Punya adat

Pakaian adat yang ada di Indonesia (Nanafadjar)

Adat merupakan representasi dari budaya kita. Nilai adatlah yang menjadi fondasi kamu hidup dalam suatu negara maupun dalam berkeluarga. Ada banyak nilai dalam yang terkandung, seperti kebebasan, keyakinan, integritas, pendidikan, tanggung jawab, etos kerja, dan tidak egois. Begitu kita tidak peduli dengan hal hal tersebut maka terjadilah yang disebut dengan krisis identitas.

3. Punya harapan

Ilustrasi harapan (Pixabay)

Setiap orang pasti memilliki harapan. Lalu apa yang terjadi jika seseorang tak punya harapan? Dia bisa menjadi depresi, mengalami gangguan jiwa, lalu akhirnya bunuh diri. Orang yang depresi akan merasa tidak ada harapan akan kehidupan atau putus asa. Kondisi ini diikuti dengan gejala lain seperti susah konsentrasi, malas, tidak bertenaga, tidak nafsu makan, dan sering ada ide untuk bunuh diri. Dengan memiliki harapan, kita jadi bisa semangat bekerja, dan nantinya bisa menuju lebih dekat ke kesuksesan.

4. Punya aturan

Ilustrasi aturan (Pixabay)

Semua orang sukses memegang teguh aturan yang dibuat oleh mereka sendiri. Tidak banyak mengeluh, mereka menuliskan semua keinginan dan mimpinya, dan berusaha keras agar keinginan dan mimpi mereka itu bisa tercapai. Kamu juga jika ingin sukses, sebaiknya buatlah aturan kamu sendiri, dan pegang teguh aturan itu.

5. Punya keturunan

Ilustrasi keluarga (Pixabay)

Memiliki keturunan adalah satu hal yang menunjukkan kamu orang sukses, karena hal ini menunjukkan bahwa kamu mapan dan mampu mengurus anak. Tak heran di Indonesia banyak yang mengkaitkan anak dan rezeki dengan istilah banyak anak banyak rezeki. Selain itu, punya keturunan juga berarti kamu memberikan contoh yang baik untuk dijadikan teladan atau panutan yang bisa ditiru oleh anak-anakmu kelak. Dengan demikian, kamu mampu mendidik anak menjadi generasi yang lebih baik.

Itulah 5 hal yang menunjukkan kesuksesan di luar kekayaan. Kesuksesan bukan hanya diukur dari segi materi saja, namun juga mental kamu dalam menjalani kehidupan. Semoga JB’ers tergolong orang yang memiliki 5 hal di atas. (tom)