iPhone X (Pexels)

Mempunyai sebuah spesifikasi smartphone yang sangat keren serta mengagumkan merupakan idaman semua orang, seperti smartphone produksi Apple karena smartphone tersebut sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Namun, produk buatan Apple dikenal mahal, terutama saat rilis di Indonesia. Belum lama ini, Apple merilis smartphone terbarunya, yaitu iPhone X (dibaca iPhone Ten), dengan harga yang fantastis, yaitu USD 999 atau sekitar Rp 13 jutaan dan paling mahal sekitar Rp 15 jutaan. Di Indonesia sendiri iPhone X belum rilis secara resmi, namun sudah ada penjual online yang menjualnya. Harganya tak kalah fantastis, yaitu hingga Rp 23 jutaan!

Daripada JB’ers membeli iPhone X dengan harga mahal, kamu bisa melirik alternatif smartphone yang tak kalah canggih dengan iPhone X, dengan harga yang jauh lebih murah, berikut ini.

1. Samsung Galaxy S8

Samsung Galaxy S8 (Pixabay)

Merupakan perusahaan saingan terbesar bagi Apple, Samsung pun juga memiliki produk-produk yang sangat unggul. Seperti contohnya pada Samsung Galaxy S8 yang merupakan sebuah smartphone paling ingin dimiliki bagi sebagian besar orang. Dengan layar yang sama besar, Samsung Galaxy S8 ini mampu menyaingi kecangguhan iPhone X dan memiliki RAM yang justru lebih besar dari iPhone X, yaitu 4 GB. Untuk kamu yang ingin memiliki smarphone dari Samsung ini bisa kamu beli dengan harga Rp 9,4 juta.

2. Xiaomi Mi Mix 2

Xiaomi Mi Mix 2

Xiaomi kembali menghadirkan smartphone terbaru miliknya yang mampu menyaingi sebuah spesifikasi iPhone X. Dibekali dengan RAM sebesar 6 GB serta mempunyai layar yang lebar alias nyaris tanpa bezel, serta tidak ketinggalan juga fitur kamera yang dikatakan setara dengan iPhone X. Meski dibekali dengan fitur-fitur yang canggih, smartphone besutan perusahaan Beijing tersebut hanya dihargai Rp 6,6 juta.

3. Vivo V7+

Vivo V7+(Manggadget)

Siapa yang menyangka kalau ternyata smartphone yang punya image camera phone ini juga ikut melebarkan layarnya. Tapi, Vivo tetap tidak mau kehilangan image-nya sebagai produsen ponsel kamera. Alhasil Vivo V7+ keluar dengan resolusi kamera 24MP. Vivo masih mematok harga di sekitar Rp 5 jutaan untuk produk yang satu ini. Smartphone ini cocok buat kamu yang mau smartphone canggih dan unggul dalam kamera tapi harganya tak semahal iPhone X.

4. Asus Zenfone 4 Selfie/Selfie Pro

Asus Zenfone 4 Selfie Pro (Tribunnews)

Sesuai namanya, smartphone keluaran Asus ini cocok buat kamu yang gemar selfie. Karena itu, fitur unggulan smartphone ini terletak di kamera depannya. Zenfone 4 Selfie Pro hadir dengan kamera depan ganda yang beresolusi 12MP dan 5MP. Hadir dengan teknologi DuoPixel, smartphone ini diklaim mampu menghasilkan gambar setara 24MP. Sementara untuk Zenfone 4 Selfie hadir dengan kamera depan ganda 20MP dan 8MP dengan kamera utama 16MP. Perbedaan keduanya selain di kamera adalah di prosesornya. Di Indonesia, Zenfone 4 Selfie Pro dibanderol Rp 4 jutaan dan Zenfone 4 Selfie dijual dengan harga Rp 3,5 jutaan.

5. OPPO R11 Plus

Oppo R11 Plus (Lensawarga)

Dikenal sebagai perusahaan yang paling gencar dalam mempromosikan produknya, OPPO juga memiliki smartphone yang mampu menyaingi iPhone X. Oppo R11 Plus memiliki kamera depan dan belakang dengan resolusi jumbo yakni 16MP dengan RAM 6GB dan menggunakan prosesor octa-core. Bagi kamu yang menginginkan ponsel tersebut, hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp 7,5 jutaan.

Itulah alternatif smartphone Android yang bisa JB’ers pilih jika ingin memiliki smartphone canggih dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan iPhone X. Namun semua kembali ke selera, jika memang kamu lebih suka produk Apple, dan kebetulan uang kamu mencukupi, tak ada yang melarang kamu untuk membeli iPhone X. (tom)