Baru Gajian? Ini 5 Cara Jitu Kontrol Gaji Kamu Agar Nggak Boros

Yang namanya gajian pastinya sudah ditunggu oleh semua pekerja, baik pegawai negeri maupun pegawai swasta. Mereka sangat antusias dan gembira karena rekening yang sebelumnya sudah kosong kini terisi kembali. Namun, biasanya tidak lama lagi keuangan yang baru saja stabil sehabis gajian ini, akan menyusut karena ada banyak kebutuhan sehari-hari serta kewajiban lainya yang harus dipenuhi. Tanpa sadar, uang gaji akan habis begitu saja, sementara kebutuhan masih banyak. Agar terhindari dari situasi seperti itu, berikut 5 cara yang bisa JB’ers lakukan.

1. Anggarkan tabungan

Ilustrasi tabungan (Pixabay)

Setelah menerima gaji, terutama jika gaji ini gaji pertama kamu, sebaiknya langsung kamu sisihkan untuk kemudian ditabung. Kamu bisa membuat satu rekening lagi atas nama kamu yang isinya khusus uang tabungan. Nantinya uang dalam rekening tabungan itu bisa kamu gunakan untuk keperluan masa depan, sehingga kamu tak perlu bingung lagi.

2. Jangan foya-foya

Ilustrasi belanja (Pixabay)

Setelah menerima gaji, sebaiknya tahan keinginan kamu untuk berfoya-foya karena merasa kaya. Mengadakan pesta atau juga menghadiri pesta adalah hal yang cukup berpengaruh besar terhadap pengeluaran. Dengan mengadakan atau menghadiri pesta, kamu setidaknya memerlukan baju baru, make up baru dan keperluan lainnya. Ingatlah jika kamu memiliki kebutuhan yang lebih mendasar daripada harus foya-foya, dengan demikian keuangan kamu akan terjaga.

3. Jangan terlalu sering belanja

Belanja (Pixabay)

Setiap bulan ada yang namanya belanja bulanan, biasanya untuk kebutuhan makan. Berbelanja memang menyenangkan, namun perlu diwaspadai karena penyebab pengeluaran menjadi sangat boros adalah karena berbelanja secara berlebihan. Tekankan dalam benak kamu jika belanja bulanan hanya boleh dilakukan sebulan sekali. Kamu juga bisa membuat daftar belanjaan yang benar-benar diperlukan, sehingga kamu tak banyak jajan saat berada di supermarket atau tempat belanja lainnya.

4. Tetapkan budget pengeluaran harian

Ilustrasi pengeluaran (Flickr)

Kamu juga perlu membuat budget pengeluaran harian atau mingguan. Cara ini akan efektif banget untuk mengatur pengeluaran kamu setiap harinya. Misalnya, dalam sehari kamu hanya harus mengeluarkan uang sebesar Rp 30 ribu, maka bawalah uang saku yang pas untuk seminggu atau beberapa hari. Dengan begitu, keuanganmu akan bisa teratur.

5. Nggak perlu traktir teman

Ilustrasi traktir (Duitpintar)

Satu hal terakhir yang perlu kamu tekankan, yakni kamu nggak perlu ‘baik’ sama semua temanmu. Dengan kata lain, kamu nggak perlu repot untuk terus mentraktir mereka. Meskipun kamu sudah kerja atau bahkan mereka menggoda kamu karena pelit atau yang lainnya, ingatlah jika kamu perlu memikirkan dirimu sendiri, nggak cuma untuk hari ini, besok, dan lusa, tapi juga untuk masa depanmu yang masih panjang.

Itu tadi 5 cara untuk bisa mengontrol gaji kamu agar nggak boros. Meski memang gaji itu hasil dari jerih payahmu dan bebas mau kamu gunakan untuk apa saja, tapi ingatlah kalau kamu juga perlu memikirkan masa depan, dan tak ada yang bisa kamu andalkan selain gaji kamu sendiri. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...