Desa Budaya Pampang via Kaltim Post

Samarinda adalah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur yang merupakan salah satu destinasi wisata turis domestik dan mancanegara. Meski namanya tidak sepopuler Bali, Manado atau Lombok, tetapi Samarinda memiliki sejumlah destinasi wisata alam yang eksotis dan wisata kuliner yang menggugah selera. Sebelum Anda memutuskan untuk berlibur ke Samarinda, pesanlah kamar di sebuah hotel murah di Samarinda sebelum musim libur tiba. Berikut merupakan rekomendasi destinasi wisata di Samarinda yang sangat seru untuk dikunjungi dan akan menambah kesan pada liburan Anda.

Air Terjun Tanah Merah

Air Terjun Tanah Merah via rumah idolaku

Air Terjun Tanah Merah merupakan salah satu destinasi wisata alam di Samarinda yang sangat indah dan terjaga kebersihannya. Memang, di bagian bawah air terlihat keruh, tetapi jangan khawatir karena warna keruh tersebut merupakan efek dari tanah gambut yang berada di dasar sungai dan sekitar wilayah air terjun. Di dekat lokasi air terjun, terdapat beberapa warung kecil, sehingga Anda tidak perlu takut bingung mencari makanan saat lapar.

Pulau Kumala

Pulau Kumala via TripAdvisor

Pulau Kumala sering disebut sebagai Taman Mini-nya Samarinda. Di tempat ini Anda dapat belajar mengenai segala bentuk budaya Kalimantan, mulai dari bangunan adat, candi hingga artefak peninggalan sejarah. Pulau Kumala juga menawarkan wahana permainan seperti Sky Tower setinggi 75 meter, kereta gantung seperti di Taman Mini, dan komedi putar. Pulau Kumala sendiri terletak 27km dari pusat Kota Samarinda.

Desa Budaya Pampang

Desa Budaya Pampang
via Kaltim Post

Desa Budaya Pampang merupakan destinasi wisata budaya bagi wisatawan yang tertarik melihat lebih jauh lagi mengenai budaya suku Dayak. Setiap hari Minggu, desa yang dihuni oleh Suku Dayak Kenyah ini menampilkan pertunjukan seni di lamin (gedung pertemuan desa) pada pukul 13.00 hingga 15.00. Di lamin, wisatawan akan melihat sebuah bangunan eksotis yang memiliki banyak ukiran khas Suku Dayak Kenyah.

Saat pertunjukan dilaksanakan, seluruh warga desa akan menggunakan pakaian adatnya. Anda juga diperbolehkan menyewa pakaian adat dan berfoto dengan pakaian tersebut dengan berlatar belakang rumah adat Suku Dayak. Jika masih kurang, Desa ini juga memiliki toko cendera mata, di mana Anda dapat membeli berbagai jenis cendera mata untuk dibawa pulang.

Wisata Kuliner

Gangan Asam Daging via lestariweb.com

Samarinda merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan berbagai jenis kuliner yang khas. Tidak lengkap ke Samarinda jika tidak mencicipi kuliner khas Kutai seperti puyu bakar, gangan asam, rojak sikil atau terong bakar. Salah satu rumah makan yang cukup terkenal menyediakan makanan khas Kutai tersebut adalah Pondok Selera yang berada di Jalan Kadri Oening.

Selain itu, Samarinda juga terkenal dengan nasi kuningnya. Di antara sekian banyak nasi kuning yang dapat dengan mudah ditemukan di Samarinda, Anda harus mencoba mengunjungi Kampung Nasi Kuning yang berada di Jalan Lambung Mangkurat. Pasti lidah Anda akan penasaran merasakan sensasi nasi kuning dari daerah asalnya bukan

Pesan Tiket Pesawat Sebelum Berangkat

Sebelum berangkat, pastikan Anda telah memesan tiket pesawat ke Samarinda. Jika mencari tiket pesawat murah ke Samarinda, Anda bisa menggunakan aplikasi Airy yang dapat diunduh di AppStore dan PlayStore, atau langsung mengunjungi situsnya di www.airyrooms.com. Airy sendiri merupakan penyedia tiket pesawat dan hotel murah di Indonesia yang memungkinkan semua orang untuk berlibur kapanpun dan kemanapun di seluruh Indonesia dengan budget murah.

Dengan aplikasi tersebut, Anda dapat dengan mudah melakukan pencarian tiket pesawat ke Samarinda dan kota besar lainnya. Bagaimana? Tertarik berlibur ke Samarinda? Ayo, segera rencanakan liburan Anda di Samarinda dengan Airy. (jow)