Buat Kamu yang Sering Sakit Kepala, Ini Trik Menyembuhkannya Tanpa Obat

Sakit kepala (Hellosehat)

Jika kamu merasakan sakit kepala, pasti obat jadi pilihan terakhir untuk menyembuhkannya. Tapi jika kamu tidak ingin bergantung dengan obat, terdapat solusi lain yang biasa disebut dengan akupresure untuk menyembuhkan sakit kepala yang kamu alami itu. Cara ini cukup ampuh, tidak memerlukan biaya dan sangat praktis.

Teknik akupresure sendiri adalah teknik pengobatan alternatif yang melibatkan pemberian tekanan lembut namun bertenaga pada bagian tertentu pada tangan dan kaki (terkadang termasuk pergelangan tangan) yang berhubungan dengan bagian tubuh yang mungkin terasa sakit. Yang pertama kamu lakukan untuk menghilangkan rasa sakit kepala adalah ambil posisi yang nyaman dan rileks. Pijatan ini tidak memerlukan banyak waktu, biasanya cukup 30 detik sampai 1 menit saja. Berikut adalah 6 titik utama yang bisa dipijat untuk menghilangkan sakit kepala.

1. Yintang Point

Yintang Point (Brightside)

Titik mata ketiga, atau Yintang, terletak diantara alis di tempat jembatan hidung masuk ke dahi. Titik ini juga dapat menghilangkan kelelahan mata.

2. Zan Zhu Points

Zan Zhu Points (Brightside)

Titik simetris ini terletak di dasar tepi bagian dalam alis. Pijatan di daerah ini dapat mengurangi flu dan meningkatkan ketajaman penglihatan. Pijat selama 1 menit dengan menekan atau gerakan melingkar.

3. Yingxiang Points

Yingxiang Points (Brightside)

Titik-titik ini terletak di kedua sisi lubang hidung sejajar dengan mata. Untuk menemukannya, rasakan lesung pipi di bagian bawah tulang pipi. Ini membantu untuk membuka sinus, mengurangi sakit kepala, sakit gigi, dan menghilangkan stres.

4. Tian Zhu Points

Tian Zhu Points (Brightside)

Titik-titik ini terletak di bagian tengah belakang kepala, antara telinga dan bagian awal tulang belakang. Memijat titik ini membantu meredakan hidung tersumbat, nyeri di mata dan telinga, sakit kepala parah, dan migrain.

5. Shuai Ghu Points

Shuai Ghu Points (Brightside)

Titik ini terletak 2-3 cm dari arah garis rambut. Rasakan lesung pipi kecil untuk menemukan bagian ini. Tekanan yang diterapkan pada daerah ini mengurangi rasa sakit di daerah temporal dan kelelahan mata.

6. He Gu Points

He Gu Points (Brightside)

Titik simetris ini terletak di bagian belakang tangan antara jempol dan telujuk. Tekanan pada area ini dapat mengurangi rasa sakit punggung, sakit gigi, dan ketegangan pada otot leher.

Mudah bukan? Cukup dengan memijat saja dengan waktu paling lama 1 menit, kamu sudah bisa menghilangkan sakit kepala kamu. Lebih baik lagi, kamu tak butuh obat untuk bisa menyembuhkannya. Selamat mencoba! (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

5 Kecanggihan Pesawat N219 Buatan Anak Bangsa, Bukti Indonesia Mampu Bersaing di Kancah Dunia

Serunya Berwisata Alam, Budaya, dan Kuliner di Samarinda