Kulit Terkelupas karena Sinar Matahari? Ini 5 Tips Ampuh Mengatasinya


Di bawah sinar matahari (Missnidy)

Sinar matahari kadang menjadi salah satu musuh bagi kesehatan kulit kita dan membuat kulit terkelupas karena panasnya sinar matahari. Bagi JB’ers yang sering atau harus melakukan aktivitas seharian di bawah sinar matahari yang terik tentu sudah paham betul efek dari sinar matahari ini, yaitu kulit yang mengelupas. Nah, berikut ini ada 5 tips buat kamu untuk mengatasi kulit yang mengelupas karena sinar matahari.

1. Dinginkan dengan air

Siram air (Mediaindonesia)

Saat keadaan kulit memerah, kalian harus langsung mendinginkan kulit kalian dengan air. Caranya tidak harus dengan menyiram kulit dengan air kok, namun juga bisa dengan menempelkan handuk basah ke permukaan kulit yang memerah. Ingat, kalian tidak boleh menggosok-gosok handuk itu dan cukup menempelkannya saja. Setelah itu, kalian juga bisa mengoleskan produk perawatan kulit seperti produk aloe vera atau mentimun karena akan mendinginkan kulit yang terbakar karena sinar matahari.

2. Jangan digaruk

Garuk (YouTube)

Walaupun kulit terasa sangat gatal dan tidak nyaman, jangan sampai kalian lupa dan menggaruk kulit kalian tersebut. Hal ini akan meningkatkan peradangan di permukaan kulit kalian dan bahkan akan menimbulkan bekas pada beberapa jenis kulit.

3. Memakai lotion

Pakai lotion (Pixabay)

Menjaga kelembapan kulit menjadi salah satu agenda wajib bagi kita. Kulit yang mudah terbakar atau terkelupas karena sinar matahari biasanya akan menjadi kering. Oleh karena itu untuk mengatasinya, kamu harus rajin-rajin mengoleskan lotion sehabis mandi. Tapi ingat, pilihlah lotion yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

4. Perbanyak minum air putih

Minum (Tirto)

Selain perawatan dari luar, mengatasi kulit yang terkelupas karena sinar matahari juga harus dilakukan dari dalam. Caranya tidak perlu repot-repot, cukup dengan rajin meminum 10 gelas air putih setiap harinya untuk rehidrasi tubuh. Kalian juga sangat disarankan untuk meminum jus dari buah-buahan segar karena mampu meningkatkan kesegaran kulut dan membantu proses regenerasi kulit.

5. Jangan dikelupas

Kuku panjang (Grid)

Bagi kalian yang iseng, pasti kalian pernah mengelupas kulit yang teriritasi sinar matahari. Nah, kalian harus menghentikan kebiasaan ini. Bukan tanpa alasan, tapi karena dengan mengelupas kulit yang teriritasi akan membuat kulitmu luka dan bisa terkena infeksi.

Nah, itu dia 5 tips yang bisa kamu lakukan bila kulit terkelupas karena sinar matahari. Selamat mencoba! (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak