Ilustrasi bingung (Pixabay)

Saat memasuki dunia kerja, seringkali kita mendapat pertanyaan sederhana, namun sulit untuk dijawab. Pertanyaan itu adalah apakah kita ingin bekerja sesuai dengan passion dan minat kita, atau mengabaikan passion dan memilih kerja dengan gaji yang tinggi? Bagi sebagian orang, memilih passion nggak akan bisa membuat kita menjadi orang yang kaya raya. Tapi bagi sebagian orang lainnya, mengutamakan gaji akan membuat kita nggak pernah puas dan selalu diremehkan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum memilih mau bekerja sesuai passion atau gaji tinggi, berikut kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kerja dengan gaji tinggi

Ilustrasi passion (Pxhere)

Besar kecilnya gaji menjadi perkara penting pada zaman yang semakin maju sekarang ini, di mana harga-harga semakin mahal dan membutuhkan banyak uang untuk membelinya. Belum lagi bagi yang telah berkeluarga, semakin macam-macam saja kebutuhannya. Biaya sekolah anak, kebutuhan rumah tangga, jaminan masa tua. Oleh karena itu, wajar jika gaji tinggi menjadi idaman setiap orang yang bekerja. Apalagi kalau banyak bonusnya dan dapat jaminan lengkap, jaminan sosial dan kesehatan misalnya. Siapa yang nggak ingin?

Tapi apakah semua pekerjaan yang bergaji tinggi itu menjanjikan? Belum tentu. Lingkungan kerja misalnya. Bekerja dengan orang-orang yang nggak sesuai dengan kepribadian kita, atau terus menerus ada di bawah tekanan pasti akan berpengaruh. Selain lingkungan, jam ada pula jam kerja. Banyak pekerja kantoran yang harus menghabiskan 8 jam untuk bekerja dan hampir satu minggu penuh. Bukan hal yang mudah bukan?

Untuk mereka yang hanya mengejar gaji namun nggak memiliki passion, pasti akan merasa kesulitan dan berat di awal masa kerja. Namun dengan kesabaran, kerja keras dan bertindak profesional, masalah semacam ini akan mampu teratasi.

Kerja sesuai passion

Insentif pekerjaan (Cermati)

Adakah yang lebih menyenangkan daripada bekerja sesuai passion dan menghasilkan uang? Kalau kata anonim: ‘choose a job you love, and you will never have to work all day in your life.’ Maksudnya, pilihlah pekerjaan yang kamu sukai, sehingga kamu tidak perlu merasa sedang bekerja seumur hidupmu.

Namun memilih karir hanya demi passion membutuhkan usaha lebih. Jangan sampai kita keluar dari pekerjaan tetap untuk mengejar passion yang masih ‘ngambang’ atau belum jelas hasilnya. Misalkan, menjadi penulis atau desainer lepas. Belum tentu setiap hari akan dapat klien, sehingga penghasilan yang didapat pun tidak tentu dan tidak rutin datangnya. Kecuali, kerja berdasarkan passion ini hanya dijalankan sebagai hobi atau sambilan. Jadi, di samping memiliki gaji tetap, kita juga bisa menghasilkan uang dari pekerjaan lepas yang kita sukai.

Jadi kunci utama bekerja demi passion adalah kenali dulu tujuan dan rencanakan matang-matang. Kalau semua sudah tersusun rapi, jalankan. Mungkin awalnya penghasilan masih rendah dan tidak sesuai ekspektasi, tapi seiring berjalannya waktu pasti berhasil juga.

Yang perlu diingat, bekerja sesuai passion tentunya tak semudah apa yang kamu bayangkan. Ditambah lagi bekerja sesuai passion mungkin tak bisa menghasilkan uang dengan cepat, serta butuh pengorbanan yang tak sedikit. Jangan dikira karena kita bekerja sesuai passion, sehingga kita bisa mendapatkan apapun dengan mudah.

Kerja santai (Pxhere)

Hal lain yang perlu juga diingat, meski kamu memiliki kerjaan dengan gaji yang mencukupi, kamu tentu nggak mau hidup untuk sekedar membayar tagihan. Bekerja demi uang hanya akan membuat kamu lelah dan frustasi. Belum lagi pandangan orang yang meremehkanmu karena tidak menjabat sebagai CEO. Daripada mati penasaran, nggak ada salahnya kamu mengikuti hati dan impianmu. Meski memiliki risiko yang tinggi, kamu tidak akan tahu hasilnya bila belum mencoba.

Ada saatnya kamu jenuh melakukan pekerjaan yang nggak sesuai. Untuk menyeimbangkannya, kamu bisa saja menjadikan hobimu sebagai pekerjaan sampingan yang dapat meningkatkan mood. Bukan cuma sebagai tempat pelarian sementara, kamu juga bisa mendapat uang tambahan.

Jadi, kesimpulannya, pilih antara kerja sesuai passion atau gaji tinggi? Jika memungkinkan, pilih kerja yang sesuai dengan passion kamu, yang memiliki gaji tinggi. Jika tak mungkin, sebaiknya kamu pilih kerjaan dengan gaji tinggi, sambil melakukan passion kamu untuk penghasilan tambahan. Dengan begini kamu akan aman dalam hal finansial. Semoga bermanfaat. (tom)