Ilustrasi nikah (Pixabay)

Resepsi pernikahan bisa dibilang menjadi urutan acara yang wajib dilakukan setelah melakukan akad nikah. Padahal, resepsi sebenarnya nggak harus dilakukan, karena yang wajib hanya akad nikah saja. Namun jika kamu benar-benar ingin melakukan resepsi nikah, sebaiknya nggak perlu mewah dan sederhana saja. Ini 5 keuntungan yang bisa kamu dapat dengan melakukan resepsi nikah secara sederhana selain tentunya hemat biaya pengeluaran.

1. Perencanaan lebih mudah

Ilustrasi perencanaan nikah (Pxhere)

Merencanakan resepsi pernikahan yang besar tentu lebih rumit dan menyita waktu. Sebaliknya, merencanakan resepsi pernikahan kecil nan sederhana akan lebih mudah, praktis, dan nggak bikin stres.

2. Bisa memperhatikan hal detil

Ilustrasi nikah (Pxhere)

Karena mengadakan resepsi sederhana, kamu jadi bisa memperhatikan hal-hal yang sifatnya detil, mulai dari kartu undangan yang personal, hadiah souvenir yang apik, hingga dekorasi yang cantik. Dengan begini, resepsi impian kamu akan terwujud.

3. Tamu bisa saling mengenal

Ilustrasi tamu resepsi (Grid)

Semakin kecil resepsi pernikahan, semakin intim pula suasana resepsi. Hal ini membuat para tamu punya kesempatan untuk saling mengenal satu sama lain. Siapa tahu saja ada keluarga kamu yang masih jomblo bisa dapat jodohnya di resepsi kamu karena bisa saling kenal dengan orang lain.

4. Teman yang nggak diundang bisa maklum

Gibran memperlihatkan undangan (RRI)

Jika kamu memang mengadakan resepsi secara sederhana, mereka yang tidak diundang tak akan merasa kecewa bahkan baper begitu tahu kalau kamu dan pasangan kamu memang mengadakan resepsi yang kecil, karena mereka maklum akan keadaan kamu.

5. Bisa lebih menikmati momen

Resepsi Raisa dan Hamish Daud (Grid)

Resepsi nikah yang sederhana membuat kamu dan pasangan kamu bisa lebih menikmati hari pernikahan. Kamu dan si dia bisa ngobrol dengan para tamu lebih lama, tidak perlu berdiri berjam-jam di atas pelaminan, malah mungkin bisa kabur sejenak dari suasa resepsi untuk berduaan.

Itulah 5 keuntungan buat kamu yang mengadakan resepsi sederhana selain hemat. Jadi, mau resepsi sederhana atau mewah? (tom)