RAN feat. Yura Yunita (YouTube)

Tiga hari yang lalu, RAN mengeluarkan single terbaru berjudul “Melawan Dunia” yang berkolaborasi dengan Yura Yunita. Peluncuran single ini ditandai dengan keluarnya video klip yang dapat dinikmati di kanal YouTube. Masih mengusung jenis musik Pop R&B, suara Nino sang vokalis menyatu dengan merdunya suara Yura Yunita. Uniknya, video klip ini terinspirasi dari kekuatan cinta sepasang suami istri Ratih dan Ludi.

Ratih dan Ludi merupakan orangtua dari bayi bernama Adam Fabumi. Adam sendiri menjadi model dalam video klip RAN dan Yura tersebut. Adam diketahui mengidap penyakit yang dikenal dengan nama Trisomy 13. Karena penyakit yang dideritanya sejak lahir ini, Adam memiliki kromosom ekstra yang menyebabkan cacat fisik, keterbelakangan mental berat, kelainan jantung bawaan, bibir sumbing di bagian dalam, ekstra jari tangan atau kaki, hingga masalah di bagian kepala karena tidak adanya pembuangan cair otak ke seluruh tubuh (dandy walker syndrom).

Adam Fabumi (Instagram)

Video klip RAN dan Yura tersebut diawali dengan tutur kata mengharukan dari Ratih kepada Ludi. Dalam ucapan singkatnya penuh haru itu, Ratih mengungkapkan perasaan terhadap suaminya yang ternyata butuh dikuatkan juga dalam menghadapi cobaan yang mereka hadapi. Mereka ingin mematahkan pendapat yang mengatakan bahwa bayi yang mengalami kelainan seperti Adam tak akan berumur panjang. Setelah itu, baru lagunya mulai masuk.

Sepanjang verse 1 hingga reff dinyanyikan oleh Nino dan Rayi, visualnya menggambarkan kehidupan Ratih dan Ludi penuh kasih sayang dan canda tawa. Verse 2 kemudian diambil alih oleh Yura yang mengenakan gaun berwarna hijau pastel. Musik video memang mengusung konsep dengan warna pastel sehingga lagunya terasa hangat, baik dari segi musik hingga visual. Hingga reff kedua berakhir, Ratih dan Ludi akhirnya angkat bicara mengenai penyakit langka yang menimpa anak semata wayangnya itu.

RAN dan Yura bersama dengan Adam (Instagram)

Di bagian akhir, semuanya menjadi lebih mengharukan. Banyak shot-shot yang memperlihatkan bagaimana perjuangan Ratih dan Ludi dalam membesarkan Adam. Ratih yakin bahwa Adam suatu saat akan sembuh.

Namun takdir berkata lain, Adam Fabumi ternyata harus menghadap yang Maha Kuasa pada tanggal 22 November kemarin. Kisah Adam beserta orangtuanya ini berhasil menginspirasi banyak orang, termasuk RAN dan Yura. Karena itulah RAN dan Yura menciptakan lagu ini, yang memang didedikasikan untuk Adam. Lagu ini sendiri bercerita tentang perjuangan Ratih dan Ludi dalam ‘melawan dunia’ untuk menyembuhkan Adam. RAN dan Yura memberikan pesan bahwa hidup itu bukan tentang bagaimana dunia memperlakukan kita, tapi lebih ke bagaimana kita merespon.

Kamu bisa lihat video klipnya berikut ini.

Selamat jalan, Adam. Semoga tenang di alam sana. Semoga keluarga yang ditinggalkan juga sabar dan tabah dalam menghadapi cobaan ini. (tom)