Ilustrasi mata lelah (Flickr)

Bagi kamu yang harus berjam-jam bekerja di depan layar laptop atau komputer, pasti sering mengalami mata lelah. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengatasi rasa lelah pada mata, namun kali ini jadiBerita akan memberikan tips alami dan mudah untuk bisa membuat mata kamu kembali segar. Berikut ini tipsnya.

1. Pakai sendok dingin

Sendok di mata (YouTube)

Selain sebagai alat makan, sendok juga ternyata berfungsi untuk mengatasi mata lelah. Caranya, masukkan dua buah sendok ke dalam kulkas selama setengah jam atau sampai terasa dingin. Keluarkan sendok tersebut dan letakkan pada kedua mata yang terpejam. Sensasi dinginnnya akan membuat matamu jadi lebih rileks.

2. Kompres air hangat

Kompres mata (My-lovely-sister)

Jika kurang suka dengan sensasi dingin, kamu bisa menggunakan air hangat, dengan cara memakai handuk tipis yang kemudian dikompres ke mata kamu. Peras terlebih dahulu dan kompreskan pada mata yang terpjam sambil posisi berbaring. Tempelkan selama sekitar 1-2 menit. Ulangi dengan mencelupkan kembali handuk sekitar 4 kali berturut-turut. Lakukan cara ini secara rutin setiap matamu terasa lelah, yaitu 1-2 kali.

3. Pakai susu murni

Ilustrasi pakai kapas ke mata (Sevenrizkaa)

Susu murni yang tinggi lemak akan membuat matamu lebih rileks. Caranya adalah celupkan dua buah kapas ke dalam susu murni dingin lalu usapkan pada area mata. Kemudian celupkan kembali dan tempelkan di kelopak mata saat matamu terpejam. Diamkan selama beberapa menit dan lakukan sehari sekali.

4. Pakai putih telur

Ilustrasi telur (Pixabay)

Selain mencerahkan dan mengencangkan, putih telur juga dapat menghilangkan komedo serta mata lelah. Caranya juga mudah. Kamu hanya perlu satu buah putih telur lalu oleskan di area mata, yaitu di kelopak dan bawah mata. Pejamkan matamu dan biarkan mengering selama sekitar 15 menit. Bilas dengan air dingin dan lap dengan bersih, jangan sampai ada putih telur yang bersisa.

5. Kompres es batu

Es batu (Pixabay)

Sebenarnya, es batu merupakan cara paling mudah dan ampuh untuk mengatasi mata lelah. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa buah es batu dan bungkus dengan handuk tipis. Kompreskan ke area mata yang sedang terpejam, terutama bagian bawah mata dan kelopak. Sensasi dingin es batu akan membantu membuat matamu menjadi lebih rileks. Lakukan kompres setiap kali kamu merasa matamu lelah atau setelah 5 jam menatap layar komputer.

Semoga setelah mencoba kelima tips di atas, mata kamu bisa kembali segar, dan semangat untuk kembali bekerja. Selamat mencoba! (tom)